ANALISIS PERBANDINGAN MINAT BELI KONSUMEN PRIA DAN WANITA BERBASIS BRAND AMBASADOR (BTS) PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA
DOI:
https://doi.org/10.33795/adbis.v17i1.3233Keywords:
Perbandingan, Minat Beli, Brand Ambasador, TokopediaAbstract
Maraknya pembelian online salah satunya dipicu kondisi pandemi dimana konsumen membatasi diri untuk berbelanja secara fisik, kebiasaan bertransaksi secara online ini berlanjut sampai kondisi telah membaik, berdasarkan hal tersebut maka marketplace sebagai wadah transaksi online perlu mendapat perhatian agar usaha mereka semakin maju, salah satunya adalah marketplace Tokopedia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan minat beli konsumen dan persepsi brand ambasador antaraa pria dan wanita dalam bertransaksi dengan menggunakan marketplace Tokopedia.
Hasil temuan dengan menggunakan analisis t independent sample test antar kelompok pria dan wanita diperoleh temuan bahwa variabel Minat Beli dan persepsi Brand Ambasador mendapatkan nilai t hitung masing-masing sebesar -0,306 (sig = 0,760) dan 1,962 (sig = 0,051), yang mengartikan bahwa: tidak ada perbedaan pada Minat Beli dan persepsi Brand Ambasador pada transaksi yang dilakukan antara Pria dan Wanita pada marketplace Tokopedia.
Berdasarkan temuan tersebut maka disarankan produsen tidak perlu membedakan perlakuan antara barang yang di konsumsi oleh pria dan wanita dari sisi minat beli dan persepsi Brand Ambasador.