PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KOMUNIKASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Karyawan PT. TEMBAKAU DJAJASAKTI SARI)

Authors

  • Ali Lating STIE Malangkucecwara Malang, Indonesia
  • Triana Murtiningtyas STIE Malangkucecwara Malang, Indonesia
  • Lukman Bagus Prasetyo STIE Malangkucecwara Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v17i2.4698

Keywords:

gaya kepemimpinan situasional, komunikasi, kinerja karyawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan situasional terhadap kinerja karyawan melalui komunikasi sebagai variabel intervening pada karyawan PT. Tembakau Djajasakti Sari.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 45 responden yang merupakan sebagian karyawan dari PT. Tembakau Djajasakti Sari metode analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan situasional berpengaruh positif ke komunikasi, gaya kepemimpinan situasional berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, komunikasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dan yang terakhir gaya kepemimpinan situasional kurang berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan melalui komunikasi sebagai variabel intervening.

Downloads

Published

2023-12-29