ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG DIMODERASI DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN DAN UKURAN PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

Authors

  • Muhamad Muwidha Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Mahmudatul Himma Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Andi Kusuma Indrawan Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v17i2.4700

Keywords:

Kinerja Keuangan, Moderasi, Nilai Perusahaan

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kinerja perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan variabel moderasi kebijakan dividen dan ukuran perusahaan.
Obyek penelitian adalah perusahaan yang bergabung pada Jakarta Islamic Indek (JII) di Bursa Efek Jakarta. Periode penelitian tahun 2018 – 2020. Sampel penelitian sebanyak 14 perusahaan dengan berbagai jenis bidang usaha dengan analisis regresi berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menjelaskan bahwa seluruh variabel prediktor memberikan pengaruh positif terhadap nilai perusahaan hanya berdasarkan uji simultan dan uji parsial tidak signifikan. Nilai diterminasi sebedar 6,8 persen. Hasil yang cukup kecil yang menjelaskan bahwa variabel yang berpemgaruh berada diluar variabel prrdiktor yang telah dipilih dengan jumlah
93 persen. Berdasarkan analisis regresi moderasi nilai determinasi naik menjadi 18,4 persen dari sebelum dimoderasi hanya nilai ini juga tidak signifikan.

Downloads

Published

2023-12-29