MOTIF KONSUMSI MAKANAN HALAL MELALUI ONLINE MAHASISWA POLINEMA MALANG

Authors

  • Fadloli Polinema
  • Abdul Chalim Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Widaningsih Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Ikhsan Setiawan Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v17i2.4744

Keywords:

Motif Konsumsi Halal,  Melalui Online

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif yang menjadi pertimbangan memilih kensumsi makanan halal dan jaminan halal melalui online bagi mahasiswa Politeknik.
Pendekatan penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Sumber data adalah mahasiswa muslim Polinema Jurusan Administrasi Niaga, Akuntansi dan Rekayasa. Teknik pengambilan data dengan menggunakan kuesioner secara online, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskrisptif kualitatif dengan pertimbangan memberikan gambaran fenomena yang utuh.
Dari analisis data diperoleh gambaran bahwa dasar pertimbangan konsumsi halal melalui online bagi mahasiswa Polinema adalah keyakinan agama dan mengikuti tren budaya milenial dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui transaksi online.
Pemesanan lewat online tidak memberi jaminan halal, karena tidak memasang label halal.
Akhirnya disimpulkan bahwa pertimbangan dasar keyakinan agama penting bagi mahasiswa Polinema dalam konsumsi halal melalui online, disamping efektifitas menggunakan pelayanan melalui online, walaupun belum ada label halal.

Downloads

Published

2023-12-29