ANALISIS HUBUNGAN PEMAHAMAN MAHASISWA IPB UNIVERSITY TERHADAP PILIHAN PRODUK HALAL YANG DIKONSUMSI

Authors

  • Noviani Rahmah Institut Pertanian Bogor
  • Iffah Humaidah Husen Institut Pertanian Bogor
  • Indah Fauziah Institut Pertanian Bogor
  • Siti Salwa Sta’wanah Institut Pertanian Bogor
  • Naja Ashila Fatihanafie Institut Pertanian Bogor
  • Zanuba Maulida Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v18i1.5514

Keywords:

Halal Awareness, Halal Certification, Produk Halal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis hubungan antara pemahaman mahasiswa IPB University
terhadap makna halal dan hubungannya dengan pemilihan produk yang dikonsumsi. Pendekatan penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Sumber data adalah mahasiswa IPB University. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner secara
daring. Analisis data menggunakan metode analisis regresi yang fokus menjelaskan hubungan sebab-akibat antara dua variabel
berbeda. Dari analisis data diperoleh gambaran, bahwa mahasiswa IPB University memiliki pemahaman konsep dasar halal
sangat baik yang meliputi halal jenisnya, proses dan penyajiannya. Pemahaman ini secara langsung mempengaruhi perilaku
pemilihan produk yang dikonsumsi. Akhirnya disimpukan, bahwa adanya hubungan yang signifikan antara pemahaman
mahasiswa terhadap makna halal dengan pemilihan produk yang mereka konsumsi. Semakin tinggi pemahaman mereka tentang
produk halal, semakin besar kecenderungan mereka untuk memilih produk yang memiliki label halal.

Downloads

Published

2024-06-30