PENGEMBANGAN DESAIN FEED INSTAGRAM MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PRO SEBAGAI MEDIA IKLAN PADA UMKM OMOGIART TUMPANG KABUPATEN MALANG

Authors

  • Lavenda Violeta Saharani Politeknik Negeri Malang
  • Joni Dwi Pribadi Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v18i1.5641

Keywords:

Iklan, desain feed, Instagram, Canva Pro

Abstract

Iklan melalui media sosial Instagram mempunyai peranan yang sangat penting bagi suatu perusahaan untuk memperluas jangkauan pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media iklan melalui desain feed Instagram dengan menggunakan aplikasi Canva Pro agar lebih menarik dan informatif.

Penelitian ini menggunakan metode Action Research yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 15 responden skala kecil sebagai berikut: 1 pemilik usaha, 2 ahli desain, 2 ahli pemasaran dan 10 konsumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor EPIC Rate pada penelitian tindakan siklus II sebesar 4,5 dengan skor tertinggi pada dimensi Persuasi.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah desain feed Instagram yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Canva Pro sangat efektif sebagai media iklan produk OmogiArt. Serta diharapkan dapat secara konsisten mengunggah feed yang lebih menarik dan informatif dengan mempertimbangkan waktu dan hari pengunggahan, serta membuat caption dan hashtag yang efektif.

Downloads

Published

2024-06-30