PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN MENGGUNAKAN APLIKASI CORELDRAW SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI UMKM REMPAH NUSANTARA SINGOSARI MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33795/adbis.v18i1.5645Keywords:
Desain Kemasan, CorelDRAW, Promosi, Rempah NusantaraAbstract
Desain kemasan produk memainkan peran penting dalam menarik perhatian
konsumen dan mempengaruhi keputusan pembelian. Saat ini Rempah Nusantara
menggunakan kemasan standing pouch zipper dan botol plastik polos untuk produk
Wedang Rempah yang dirasa kurang menarik sebagai media promosi. Maka,
dibuatlah desain kemasan yang menarik, informatif, dan inovatif. Tujuan penelitian
ini untuk mengembangkan desain kemasan sebagai media promosi dengan
menggunakan aplikasi CorelDRAW di Rempah Nusantara.
Penelitian ini merupakan penelitian action research dengan menggunakan
metode pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner yang
disebarkan ke 15 responden. Kuesioner struktur desain kemasan disebarkan kepada
2 ahli desain dan owner. Selanjutnya data dianalisis berdasarkan pengukuran
efektivitas desain menggunakan metode EPIC model (Emphaty, Persuation,
Impact, Communication) kepada 2 ahli pemasaran, 5 konsumen, dan 5 calon
konsumen.
Hasil kuesioner struktur desain kemasan telah memenuhi semua sub dimensi
(nama merek, warna, tipografi, gambar). Berdasarkan metode EPIC model
diperoleh bahwa desain kemasan produk Wedang Rempah masuk dalam kategori
sangat efektif dengan skor EPIC rate 4,5. Secara rinci rata-rata dari dimensi
Emphaty 4,4, Persuation 4,5, Impact 4,6, dan dimensi Communication 4,6.
Dari hasil penelitian tersebut, maka pengembangan desain kemasan Wedang
Rempah sudah sangat efektif. Desain kemasan layak untuk digunakan maupun
dipublikasikan sebagaı media promosi di Rempah Nusantara Singosari Malang.
Kata kunci: Desain Kemasan, CorelDRAW, Promosi, Rempah Nusantara