PEMBUATAN KATALOG SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PRO DI UMKM PA SAE SINGOSARI MALANG

Authors

  • Qurrotul A'yuni Imlaati Reza Politeknik Negeri Malang
  • Heru Utomo Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v18i1.5661

Keywords:

Katalog, Media Promosi, Canva Pro, UMKM Pa Sae Singosari

Abstract

Media promosi yang digunakan oleh UMKM Pa Sae saat ini adalah whatsapp dan word of mouth. Tujuan penelitian ini adalah membuat katalog yang efektif sebagai media promosi menggunakan aplikasi canva pro sesuai dengan kriteria katalog yang baik pada UMKM Pa Sae Singosari Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Action Research. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada 25 responden yang terdiri dari 1 pemilik usaha, 2 ahli desain, 2 ahli pemasaran dan 20 konsumen. Pengukuran tingkat efektivitas menggunakan EPIC model.

Hasil analisis menunjukkan bahwa pada siklus I desain belum bisa dipublikasikan karena pada siklus I terdapat beberapa saran dan masih ada yang memberikan penilaian tidak setuju sehingga harus diperbaiki kembali. Hasil nilai dari skor EPIC pada siklus II berada pada angka 4,3 sehingga dapat diartikan pada kategori sangat efektif dan sudah layak untuk dipublikasikan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa katalog UMKM Pa Sae Singosari yang dibuat dengan menggunakan aplikasi canva pro dikatakan sangat efektif dan layak digunakan untuk membantu sebagai media promosi, sehingga dapat memberikan kemudahan dalam menyampaikan informasi produk kepada konsumen.

Downloads

Published

2024-06-30