PEMBUATAN DESAIN BANNER SEBAGAI MEDIA IKLAN MENGGUNAKAN APLIKASI CORELDRAW PADA UMKM KATIGA SINGOSARI KABUPATEN MALANG

Authors

  • Nur Azizah Politeknik Negeri Malang
  • Joni Dwi Pribadi Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v18i1.5729

Keywords:

Banner, Advertising Media, CorelDraw, UMKM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat desain banner sebagai media iklan tambahan untuk memberikan tanda pengenal kepada calon konsumen dengan menggunakan aplikasi CorelDraw.

Metode penelitian yang digunakan adalah action research dengan melibatkan 30 responden yang terdiri dari 1 pemilik dan 2 ahli desain yang akan memberikan penilaian terhadap kriteria desain banner yang baik, serta 2 ahli pemasaran dan 25 konsumen atau calon konsumen yang akan memberikan penilaian keefektifan desain banner. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil kuesioner dianalisis menggunakan skala likert, skor rataan dan EPIC rate untuk mengukur efektifitas banner.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain banner yang dibuat masuk dalam kategori sangat efektif sebagai media iklan pada UMKM Katiga. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan skor rerataan EPIC adalah 4,5. Skor rerataan tersebut menunjukkan bahwa banner yang dibuat sebagai media iklan di UMKM Katiga sudah layak digunakan. Diharapkan banner yang sudah dibuat dapat dapat menarik banyak calon konsumen.

Downloads

Published

2024-06-30