PEMBUATAN LOGO SEBAGAI CORPORATE IDENTITY MENGGUNAKAN PROCREATE DI UMKM SUSIFOOD SINGOSARI
DOI:
https://doi.org/10.33795/adbis.v18i2.5822Keywords:
logo, corporate identity, Procreate, SusifoodAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dari permasalahan yang ditemukan di Susifood dengan cara membuat logo sebagai Corporate Identity dengan menggunkan aplikasi Procreate.
Metode penelitian yang digunakan adalah Action Research dengan proses perancangan menggunakan metode Design thinking. Aplikasi pembuatan logo menggunakan Procreate. Penelitian ini melibatkan 12 responden yang terdiri dari 2 ahli desain yang akan memberikan penilaian terhadap kriteria desain logo yang baik, serta 10 konsumen atau calon konsumen yang akan memberikan penilaian keefektifan desain banner. sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil kuesioner dianalisis menggunakan metode System Usability Scale.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain logo yang dibuat masuk dalam kategori acceptable sebagai logo Corporate Identity pada Susifood. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan skor System Usability Scale adalah 79,5. Skor tersebut menunjukkan bahwa logo yang dibuat sebagai Corporate Identity di Susifood sudah layak digunakan.