PENGARUH IDENTITAS MEREK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI MALANG)

Authors

  • Elvira Rosa Politeknik Negeri Malang
  • Asminah Rachmi Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v18i2.5984

Keywords:

Identitas Merek, Iklan, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Identitas Merek dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metodeĀ  pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner terhadap 100 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Identitas Merek dan Iklan berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Kontribusi Identitas Merek dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 61,9% dan sisanya 38,1% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak diikutkan dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Identitas Merek dan Iklan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Teh Botol Sosro dapat meningkatkan aspek Identitas Merek dengan mengkomunikasikan kisah merek, meningkatkan aspek Iklan dengan memberikan informasi inovasi produk dan memperluas penggunaan media Iklan untuk menjangkau konsumen lebih luas.

Downloads

Published

2024-12-30