PEMBUATAN E-CATALOGUE SEBAGAI MEDIA IKLAN DI INSTAGRAM MENGGUNAKAN CANVA PADA KOFFIE OMA MALANG

Authors

  • Archie Mahadika Saleh Politeknik Negeri Malang
  • Dwi Sudjanarti Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v18i1.6321

Keywords:

media iklan, instagram, e-catalogue

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuat desain e-catalogue menggunakan Canva pada Koffie Oma Malang, sebagai sarana untuk meningkatkan media iklan kepada konsumen.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan / action research dengan melibatkan 15 responden yang terdiri dari owner Koffie Oma Malang, 2 ahli komputer, 2 ahli pemasaran dan 10 konsumen. Penelitian tindakan ini dilakukan sampai dengan siklus II. Pada siklus II penelitian menghasilkan desain e-catalogue yang sangat efektif dapat membantu mengiklankan produk Koffie Oma Malang.

Berdasarkan teori EPIC (Emphaty, Persuation, Impact, dan Communication) dan dari hasil penyebaran kuesioner, didapatkan hasil skor rata-rata sangat efektif. Dengan rincian skor rata-rata pada emphaty 4,5, skor rata-rata persuation 4,6, skor rata-rata impact 4,4, dan skor rata-rata communication 4,5. Dapat disimpulkan bahwa desain e-catalogue Koffie Oma Malang yang dibuat menggunakan Canva, dapat dinyatakan sangat efektif sebagai media iklan Koffie Oma Malang.

Downloads

Published

2024-12-30