ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA UMKM HANDMADE NAFILA DI KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33795/adbis.v18i2.6727Keywords:
Strategi Pengembangan Bisnis, IFE, EFE, Analisis SWOTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal bisnis dan mengembangkannya dengan menggunakan analisis SWOT.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer melalui wawancara secara mendalam dengan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT untuk membantu dalam menentukan posisi dan alternatif strategi pengembangan bisnis. Teknik analisis SWOT yang dilakukan dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman kemudian pembobotan, pemberian rating, dan skor melalui matriks IFE dan EFE.
Hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa Handmade Nafila memperoleh 8 faktor kekuatan, 11 faktor kelemahan, 6 faktor peluang, dan 4 faktor ancaman. Melalui hasil analisis SWOT dengan perhitungan matriks IFE diperoleh angka 3,02, sedangkan perhitungan matriks EFE diperoleh angka 3,3.