ANALISIS SWOT UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS PADA UMKM SULIS FOOD DI KOTA MALANG

Authors

  • Windi Sulistiya Putri Politeknik Negeri Malang
  • Joko Samboro Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v18i2.6728

Keywords:

Pengembangan Bisnis, Analisis SWOT, UMKM Sulis Food, Kuliner

Abstract

Penelitian ini bertujuan dari studi ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi Sulis Food, serta merumuskan strategi berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data utama yang diperoleh dari wawancara mendalam dengan informan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis SWOT digunakan untuk mengevaluasi posisi bisnis dan merencanakan strategi pengembangan. Pendekatan SWOT melibatkan pengenalan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, serta penerapan matriks IFE dan EFE untuk evaluasi bobot, penilaian, dan skoring.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sulis Food memiliki 6 faktor kekuatan, 6 faktor kelemahan, 5 faktor peluang, dan 3 faktor ancaman. Berdasarkan analisis SWOT, nilai matriks IFE adalah 2,86 dan matriks EFE adalah 2,84. Dengan demikian, bisnis ini terletak di kuadran I dalam diagram SWOT, menunjukkan adanya peluang dan kekuatan yang signifikan. Strategi produk yang direkomendasikan adalah strategi SO, dengan fokus pada strategi harga untuk mempertahankan posisi di pasar.

Downloads

Published

2024-12-30