PENGARUH VIRAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CUSHION SOMETHINC DI TIKTOK
DOI:
https://doi.org/10.33795/adbis.v19i1.7277Keywords:
Viral Marketing, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, TikTokAbstract
Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh viral marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian cushion Somethinc melalui TikTok.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 100 responden perempuan usia 18–35 tahun yang mengikuti akun @somethincofficial dan pernah membeli produk di TikTok Shop.
Hasil analisis menunjukkan bahwa viral marketing dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Fhitung (103,333) lebih dari Ftabel (3,090) dengan signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar Somethinc meningkatkan strategi viral marketing serta pengawasan kualitas produk untuk mendorong keputusan pembelian konsumen.