PENGARUH VIRAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CUSHION SOMETHINC DI TIKTOK

Authors

  • Verena Putri Delliana Politeknik Negeri Malang
  • Joko Samboro Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v19i1.7277

Keywords:

Viral Marketing, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, TikTok

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh viral marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian cushion Somethinc melalui TikTok.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 100 responden perempuan usia 18–35 tahun yang mengikuti akun @somethincofficial dan pernah membeli produk di TikTok Shop.

Hasil analisis menunjukkan bahwa viral marketing dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Fhitung (103,333) lebih dari Ftabel (3,090) dengan signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar Somethinc meningkatkan strategi viral marketing serta pengawasan kualitas produk untuk mendorong keputusan pembelian konsumen.

Downloads

Published

2025-06-24