PENGARUH FASILITAS DAN PENGALAMAN PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BLESSING HILLS HOTEL DI TRAWAS MOJOKERTO

Authors

  • Maya Puspita Sari Politeknik Negeri Malang
  • Rizky Kurniawan Murtiyanto Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v19i1.7494

Keywords:

fasilitas, pengalaman pelanggan, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas dan pengalaman pelanggan terhadap kepuasan pelanggan Blessing Hills Hotel di Trawas Mojokerto.

Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksplanatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan variabel fasilitas, pengalaman pelanggan, dan kepuasan pelanggan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yaitu pengunjung hotel yang pernah menginap dan menggunakan fasilitas Blessing Hills Hotel minimal dua kali. Analisis data yang digunakan yaitu uji kuesioner, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis determinasi koefisien, dan uji hipotesis.

Hasil pengujian hipotesis secara parsial, variabel fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel pengalaman pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa fasilitas dan pengalaman pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Downloads

Published

2025-06-24