PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PRODUK VIVA COSMETICS PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @VIVA.COSMETICS
DOI:
https://doi.org/10.33795/adbis.v19i1.7539Keywords:
SMM, e-WOM, Instagram, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh SMM dan e- WOM secara parsial dan simultan terhadap minat beli produk Viva Cosmetics.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan secara online pada 100 followers Instagram Viva Cosmetics dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisa regresi berganda Alat uji dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMM secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli. Sedangkan e-WOM secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. SMM dan e-WOM secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.