PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CELEBRITY ENDORSE TERHADAP MINAT BELI MOISTURIZER GLAD2GLOW
DOI:
https://doi.org/10.33795/adbis.v19i1.7640Keywords:
electronic word of mouth, celebrity endorse, Minat beliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen moisturizer Glad2Glow, (2) pengaruh celebrity endorse terhadap minat beli konsumen moisturizer Glad2Glow,
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden, yang merupakan wanita berusia 18– 25 tahun pengguna aktif TikTok di Kota Malang, yang pernah melihat atau berinteraksi dengan konten promosi moisturizer Glad2Glow. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara daring. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth (X1) dan celebrity endorse (X2) secara persial maupun simultan berpengaruh positif terhadap minat beli (Y). Koefisien determinasinya adalah 60,9%. Hal ini berarti bahwa kontribusi electronic word of mouth dan celebrity endorse terhadap minat beli sebesar 60,9% sedangkan sisanya 39,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.