EVALUASI KINERJA FUEL OIL PUMP UNTUK SISTEM COMBUSTION TURBINE GENERATOR

Authors

  • Muhammad H. Ahsan Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Sigit Hadiantoro Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v5i1.8

Keywords:

effisiensi pompa, fuel oil, generator, pompa sentrifugal

Abstract

Combustion Turbine Generator merupakan salah satu power generator yang menggunakan sebuah turbin untuk  menghasilkan energi listrik. CTG mengonversikan energi mekanik menjadi energi listrik. Untuk mendapatkan  udara dengan tekanan yang tinggi, maka udara intake dibakar dalam combustion chamber dengan firing system  berupa fuel oil dan fuel gas. Fuel oil ditampung pada tangki penyimpanan bahan bakar. Untuk memindahkan  fluida dari tangki ke dalam sistem 3 unit CTG diperlukan sebuah pompa berjenis Centrifugal pump sebanyak 2  unit. Namun dengan alasan reliability maka ditambahkan sebuah pompa yang memiliki spesifikasi berbeda.  Penelitian dilakukan untuk mengamati performa pompa dengan menghitung efisiensi aktual dan dibandingkan  dengan efisiensi desain. Data-data diambil dari control room serta pengamatan langsung di lapangan. Hasilnya  efisiensi terbaik terjadi pada load CTG 18 mW dengan nilai pompa A sebesar 25,6%, pompa C sebesar 24,62%.

References

Dongoran, J. G., 2012, Analisa Performansi Pompa Sentrifugal Susunan Tunggal, Seri, dan, Paralel, Departemen Teknik Mesin Universitas Sumatera Utara, 66.

Saputra, H. D., 2015, Evaluasi Kinerja Pompa Sentrifugal Multistage 13-P-101 Pada Unit Atmospheric Residue Hydrometalizing PT. Pertamina Refinery Unit VI Balongan, Program Studi Teknik Kimia Akademi Minyak dan Gas Balongan, 68-79.

Perry R. H. 1997. Chemical Engineering Hand’s Book 7th Edition. McGraw Hill. New York

Sularso, Haruo Tahara, 2004. Pompa dan Kompressor (terjemahan). Pradnya Paramita, Jakarta

Wirosoedarmo, Ruslan, dkk. 2011. Pompa dan Penerapannya. Malang Universitas Brawijaya.

Downloads

Published

2019-02-28

How to Cite

Ahsan, M. H. ., & Hadiantoro, S. . (2019). EVALUASI KINERJA FUEL OIL PUMP UNTUK SISTEM COMBUSTION TURBINE GENERATOR. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 5(1), 07–12. https://doi.org/10.33795/distilat.v5i1.8