KARAKTERISASI PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI JAGUNG (ZEA MAYS) DENGAN PENAMBAHAN FILLER KALSIUM SILIKAT DAN KALSIUM KARBONAT

Authors

  • Rizky Zanuar Tristanti Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Juwita Puspa Sari Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • S. Sigit Udjiana Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v5i2.40

Keywords:

biodegradable, kalsium silikat, kalsium karbonat, pati jagung

Abstract

Indonesia memiliki permasalahan lingkungan yaitu tentang sampah plastik sintetis. Sampah plastik ini dapat  mengganggu kestabilan ekosistem lingkungan karena tidak dapat didaur ulang dan diurai oleh mikroorganisme  di dalam tanah. Salah satu inovasi yang dilakukan untuk menangani permasalahan ini adalah dengan plastik  biodegradable. Dalam penelitian ini plastik biodegradable dengan pati jagung sebagai bahan utama, plasticizer  berupa sorbitol serta filler berupa kalsium karbonat dan kalsium silikat. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh penambahan jenis dan jumlah filler terhadap uji water absorption dan uji tarik. Hasil  percobaan menunjukkan bahwa hasil uji water absorption menunjukkan nilai terendah 27,04% dengan filler  kalsium silikat 4% dan uji tarik diperoleh nilai paling besar 3,08 MPa pada filler kalsium karbonat 8%.

References

Darni, Y., Garibaldi, Lismeri, L. , Darmansyah 2013. "Efek Kecepatan Pengadukan dan Jenis Impeller Terhadap Peningkatan Kualitas Produk Bioplastik Sorgum". Jurusan Teknik Kimia FT. Kimia Unila: Lampung.

Suarni , Yasin, M. 2007. "Jagung sebagai Sumber Pangan Fungsional". Iptek Tanaman Pangan, 6.

Gontard, N., Guilbert, S. , Cuq, J.L. 1993. "Water and glycerol as plasticizers affect mechanical and water vapor barrier properties of an edible wheat gluten film". J. Food Sci, 58, 206-211.

Mchugh, T.H. , Krochta, J.M. 1994. "Sorbitol vs Glycerol Platiced Whey Protein Edible Film Integrated Oxygen Permeability and Tensite Property Evaluation,". Journal Agriculture and Food Chemistry, 2(4), , 841-845.

Cahyanigrum , Indah, E. 2015. "Peningkatan Sifat Fisik dan Sifat Mekanik Plastik Biodegradable dari Pati Kulit Pisang Kepok (Musa acuminate balbisianacolla)". Laporan Akhir. Malang : Program Studi D3 Teknik Kimia Politeknik Negeri Malang.

Yuniarti, L.I., G.S. Hutomo, dan A. Rahim. 2014. Sintesis dan karakterisasi bioplastik berbasis pati sagu (Metroxylon sp). E-J.Agrotekbis 2 (1): 38-46.

Darni, Y., dan H. Utami. 2010. Studi Pembuatan dan Karakterisasi Sifat Mekanik dan Hidrofobisitas Bioplastik dari Pati Sorgum. Jurnal Rekayasa Kimia dan Lingkungan 7 (4): 88-93.

Anita, Z., F. Akbar, H. Harahap,. 2013. Pengaruh Penambahan Gliserol terhadap Sifat Mekanik Film Plastik Biodegradasi dari Pati Kulit Singkong. Jurnal Teknik Kimia USU 2(2): 37-41.

Coniwanti, P. 2014. "Pembuatan Film Plastik Biodegredabel dari Pati Jagung dengan Penambahan Kitosan dan Pemplastis Gliserol". Jurnal Teknik Kimia, 20.

Abdillah, A. 2008. "Pengaruh Zeolit Dan Pupuk K Terhadap Ketersediaan Dan Serapan K Tanaman Padi Di Lahan Pasir Pantai Kulonprogo". Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Indah, E. , Cahyaningrum 2015. "Peningkatan Sifat Fisik dan Sifat Mekanik Plastik Biodegradable dari Pati Kulit Pisang Kepok (Musa acuminate balbisiana colla)". Laporan Akhir. Malang : Progam Studi D3 Teknik Kimia Politeknik Negeri Malang.

Widyaningsih, S., Kartika, D. , Nurhayati, Y.T. 2012. "Pengaruh Penambahan Sorbitol dan Kalsium Karbonat Terhadap Karakteristik dan Sifat Biodegradasi Film dari Pati Kulit Pisang". Molekul 7, 1, 69-68.

Chopra., D., Sandhu, N.S. , S. Kaur 2010. "Pharmacology and PhytochemistryA review". Equisetum arvense, 7.

Muntu , Migkoyan, M. 2017. "Pembuatan dan Karakteristik Plastik Biodegradable dari Umbi Talas dengan Penambahan Filler dan Kalsium Silikat". Laporan Akhir. Malang: Progam Studi D3 Teknik Kimia Politeknik Negeri Malang.Chopra., D., Sandhu, N.S. , S. Kaur 2010. "Pharmacology and Phytochemistry a review". Equisetum arvense, 7.

Downloads

Published

2019-08-31

How to Cite

Tristanti, R. Z. ., Sari, J. P. ., & Udjiana , S. S. . (2019). KARAKTERISASI PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI JAGUNG (ZEA MAYS) DENGAN PENAMBAHAN FILLER KALSIUM SILIKAT DAN KALSIUM KARBONAT . DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 5(2), 105–111. https://doi.org/10.33795/distilat.v5i2.40

Issue

Section

Articles