PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK DAN KERTAS DI JURUSAN TEKNIK KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEKOMPOSISI TERMAL SISTEM INDIRECT

Authors

  • Shelly D.P Agustin Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Fina Rasyada Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Eko Naryono Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v5i2.48

Keywords:

dekomposisi termal, gasifikasi, plastik, kertas

Abstract

Sampah merupakan permasalahan global yang dapat mencemari lingkungan. Indonesia  memproduksi sebanyak 65 juta ton sampah pada tahun 2017, di Teknik Kimia Politeknik Negeri  Malang memproduksi campuran sampah plastik dan kertas sebanyak ±30 kg per hari. Sampah plastik  dan kertas dapat diolah dengan metode dekomposisi termal. Dekomposisi termal adalah proses  perubahan senyawa kimia kompleks menjadi senyawa kimia yang lebih sederhana yang disebabkan  adanya panas. Tahapan proses dalam degradasi termal adalah drying, pirolisis, gasifikasi dan  pembakaran. Penelitian ini menghasilkan energi panas yang dapat digunakan untuk memanaskan air  dengan tujuan mengetahui pengaruh laju alir udara dan pengaruh perbandingan rasio kertas plastik  terhadap energi panas yang dihasilkan. Variabel yang digunakan adalah rasio massa kertas : plastik  yaitu 1:4, 1:3, 1:2, 1:1 dengan variabel 2 L/Min, 3 L/Min, 4 L/Min, 5 L/Min, 6 L/Min. Laju alir udara  yang terbaik dalam proses dekomposisi termal adalah 2 L/min dengan rasio 1:3 yang dapat memanaskan air hingga suhu 75 oC

References

Nurhadianto, S.E., 2013. “Pengaruh Kecepatan Udara Pada Tungku Gasifikasi Tipe Inverted Downdraft Terhadap Waktu Pendidihan Air Dengan Berbagai Jenis Biomassa Umpan”. Surakarta: Universitas Surakarta.

Surjosatyo, A. 2010. "Pembakaran Gas Hasil Gasifikasi Biomassa di Premixed Gas Burner dengan Metoda 3D Computational Fluid Dynamic". Jurnal Teknik Mesin, 7-12.

Sumartono, Ibrahim.H, Sarjianto. 2015. “Uji Karakteristik Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Limbah Plastik”. Medan: Politeknik Negeri Medan.

Triwibowo, B. 2013. "Teori Dasar Simulasi Proses Pembakaran Limbah Vinasse dari Industri Alkohol Berbasis CFD". Semarang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Wijaya, M.M,. 2011. "Pirolisi Limbah Kayu dan Bambu yang Ramah Lingkungan Untuk Menghasilkan Asam Asetat". Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Rahmania, Nurhalimah, Sahara. 2016. “Uji Kualitas Fisis Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Alternatif”. Makassar: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negri Alauddin.

Downloads

Published

2019-08-31

How to Cite

Agustin, S. D. ., Rasyada, F. ., & Naryono, E. . (2019). PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK DAN KERTAS DI JURUSAN TEKNIK KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEKOMPOSISI TERMAL SISTEM INDIRECT . DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.33795/distilat.v5i2.48

Issue

Section

Articles