Pengaruh Waktu Hidrasi dan Methyl Cellulose terhadap Kuat Tekan dan Water Retension dalam Pembuatan Semen Instan

Authors

  • Muhammad F. Fadilah Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Deffa Purnama Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Windi Zamrudy Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v5i2.43

Keywords:

Semen Instan, Plesteran, Methyl Cellulose, Water Retension, Uji Tekan

Abstract

Perkembangan yang terjadi di dunia konstruksi juga berdampak pada bahan-bahan konstruksi itu  sendiri, seperti perkembangan yang terjadi pada semen instan.Semen instan didefinisikan sebagai  campuran material yang terdiri dari agregat halus (aditif), semen, dan air dengan komposisi tertentu.  Setiap konstruksi bangunan yang menggunakan beton, selalu menggunakan semen instan, baik itu  sebagai bahan perekat, plesteran, maupun acian untuk pembangunan konstruksi tersebut. Untuk  mempercepat kerja kontruksi bangunan diperlukan bahan yang cepat,ringkas dan siap pakai. Dengan  tambahan zat aditif pada plesteran menambah kekuatan dan kualitas dari plester tembok Aditif  merupakam bahan tambah yang bersifat mineral ditambahkan saat pengadukan dilaksanakan. Bahan  tambahan lebih banyak bersifat penyemenan jadi cocok digunakan untuk memperbaiki kinerja  kekuatannya. 

References

Lieberman, H., Lachman, L., Schwart, J.J.P.S.S.T.T. ,Pharmacy, P.O.I. 1989."Teori dan praktek farmasi industri" 1.

Indarto 1995."Metode kertas filter untuk menentukan karakteristik tegangan air pori negatif pada tanah" Majalah ipTEK ITS.

Rowe, R.C., Sheskey, P. J., Weller, P.J., 2003."Handbook of Pharmaceutical Excipients, Fourth Edition, London : The Pharmaceutical Press."

Salain, I.P.R. 2009."2009. Arsitektur sebagai Sumber Kreativitas: Suatu Kajian Reflektif Budaya Unggulan di Kota Denpasar." Denpasar Kota Kreatif Berbasis Budaya Unggulan

Wang dan Salmon., 1990. Reinforced Concrete Design , eight edition, America

Downloads

Published

2019-08-31

How to Cite

Fadilah, M. F. ., Purnama, . D. ., & Zamrudy , W. . (2019). Pengaruh Waktu Hidrasi dan Methyl Cellulose terhadap Kuat Tekan dan Water Retension dalam Pembuatan Semen Instan. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 5(2), 222–227. https://doi.org/10.33795/distilat.v5i2.43

Issue

Section

Articles