PENGARUH FILLER KALSIUM SILIKAT DAN PLASTICIEZER SORBITOL TERHADAP UJI WATER ABSORPTION

Authors

  • Juwita Puspa Sari Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Rizky Zanuar Tristanti Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • S. Sigit Udjiana Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v5i2.37

Keywords:

biodegradable, pati kulit pisang kepok, kalsium silikat

Abstract

Indonesia menempati posisi kedua penyumbang sampah terbesar yaitu 3,22 juta metrik ton setiap tahunnya.  Sampah plastik ini dapat mengganggu kestabilan ekosistem lingkungan karena tidak dapat didaur ulang dan  diurai oleh mikroorganisme di dalam tanah. Salah satu inovasi yang dilakukan untuk menangani permasalahan  ini adalah dengan plastik biodegradable. Dalam penelitian ini plastik biodegradable dengan pati kulit pisang  kepok sebagai bahan utama, plasticizer berupa sorbitol serta filler berupa kalsium silikat. Tujuan dari penelitian  ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan filler kalsium silikat dan plasticizer sorbitol terhadap uji  water absorption. Sorbitol memiliki sifat hidrofilik sehingga penambahan sorbitol dapat meningkatkan  kelarutan plastik dalam air. Dan kalsium silikat berfungsi untuk memperkuat plastik Hasil percobaan  menunjukkan bahwa hasil uji water absorption menunjukkan nilai terendah 33%. Pengaruh jumlah filler  terhadap uji ketahanan air yang paling optimal adalah 30% sorbitol 4% kalsium silikat. Penambahan sorbitol pada plastik biodegradable pada uji water absorption dapat meningkatkan penyerapan air oleh plastik,  sehingga memperbesar persen penambahan berat pada sampel plastik.

References

Jenna R. Jambeck, Roland Geyer, Chris Wilcox, Theodore R. Siegler, Miriam Perryman, Anthony Andrady, Ramani Narayan & Law, K. L. 2015. Plastic waste inputs from land into the ocean. MARINE POLLUTION, 347.

Parning , Horale 2006. "Kimia 2B SMA Kelas XI". Jakarta: Yudistira.

Musita, Nanti. 2009. Kajian Kandungan dan Karakteristik Pati Resisten dari Beberapa Varietas Pisang. Jurnal Teknologi Industri dan Hasil Pertanian. Bandar Lampung: Balai Riset dan Standadisasi Industri. Volume 14, No. 1

Muntu , Migkoyan, M. 2017. "Pembuatan dan Karakteristik Plastik Biodegradable dari Umbi Talas dengan Penambahan Filler dan Kalsium Silikat". Laporan Akhir. Malang: Progam Studi D3 Teknik Kimia Politeknik Negeri Malang.

Widyaningsih, S., Kartika, D. , Nurhayati, Y.T. 2012. "Pengaruh Penambahan Sorbitol dan Kalsium Karbonat Terhadap Karakteristik Dan Sifat Biodegradasi Film dari Pati Kulit Pisang ". Molekul 7, 1, 69-68.

Darni, Y., Garibaldi, Lismeri, L. & Darmansyah 2013. Efek Kecepatan Pengadukan dan Jenis Impeller Terhadap Peningkatan Kualitas Produk Bioplastik Sorgum.

Downloads

Published

2019-08-31

How to Cite

Sari, J. P., Tristanti, R. Z. ., & Udjiana, S. S. . (2019). PENGARUH FILLER KALSIUM SILIKAT DAN PLASTICIEZER SORBITOL TERHADAP UJI WATER ABSORPTION. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 5(2), 94–97. https://doi.org/10.33795/distilat.v5i2.37

Issue

Section

Articles