PENGARUH SUHU PEMANASAN DAN PENAMBAHAN AMONIA TERHADAP PENURUNAN KADAR KLOR

Authors

  • Adias Faniansyah Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Priskila O. Putri Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Prayitno Prayitno Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v5i2.41

Keywords:

amonia, klor aktif, pemanasan, pengolahan limbah, rumput laut

Abstract

Pada industri pengolahan rumput laut digunakan kaporit untuk penghilangan bakteri pada proses perendaman, sehingga limbah yang dihasilkan mengandung klor dengan kadar tinggi yang apabila dibuang akan mencemari  lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menurunkan kadar klor dalam limbah cair industri pengolahan  rumput laut melalui proses pemanasan dan penambahan amonia ke dalam limbah cair industri pengolahan  rumput laut. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu mula-mula air limbah dipanaskan dengan  variabel suhu yaitu 28°C, 30°C, 35°C dan 40°C kemudian air limbah diberi penambahan amonia dengan variabel  % penambahan sebesar 1%, 2%, 3 % dan 4%. Pada penelitian ini dapat diambil kesimpulan semakin tinggi suhu  dan semakin besar penambahan % amonia maka semakin besar % penurunan kadar klor aktif dimana %  penurunan klor aktif maksimal sebesar 98,6% yang dicapai pada suhu 40°C dengan % penambahan amonia  sebesar 4%. Pada penelitian ini diambil kesimpulan bahwa semakin tinggi suhu dan semakin besar konsentrasi  amonia yang ditambahkan maka semakin sedikit klor yang tersisa dalam limbah.

References

Hasan, A. 2011. Dampak Penggunaan Klorin. Jurnal Teknologi Lingkungan, 7.

Anam, H. 2018, Pengaruh Lama Penyimpanan Air Terhadap Sisa Klor Pada Air Distribusi PDAM Giri Menang Mataram, Jurnal Medika Bio Sains, 1, 95-04

Kendarto, D. r., Purba, V. & Bafdal, N. Penggunaan Filter Zeolit Dan Karbon Aktif Untuk Menurunkan Sisa Klor Dan Peningkatan pH Air Hujan: Studi Kasus di Gedung Fakultas Teknik Industri Pertanian Universitas Padjadjaran, Kecamatan Jatinangor. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS, 2017. 54-59.

Sofia, E., Riduan, R. & Abdi, C. Evaluasi Keberadaan Sisa Klor Bebas Di Jaringan Distribusi Ipa Sungai Lulut PDAM Bandarmasih. Jukung (Jurnal Teknik Lingkungan).

Alaerts, G., dan Sri Sumerti Santika, 1997, Metode Penelitian Air, Usaha Nasional, Surabaya, Indonesia.

Downloads

Published

2019-08-31

How to Cite

Faniansyah, A., Putri, P. O., & Prayitno, P. (2019). PENGARUH SUHU PEMANASAN DAN PENAMBAHAN AMONIA TERHADAP PENURUNAN KADAR KLOR. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 5(2), 217–221. https://doi.org/10.33795/distilat.v5i2.41

Issue

Section

Articles