STUDI PENGARUH RASIO MOLAR FEED GLISEROL TERHADAP ASAM ASETAT TERHADAP PRODUK TRIASETIN BERBASIS SIMULASI CHEMCAD

Authors

  • Intan Prasetya Mudi Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Ade Sonya Suryandari Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v6i2.113

Keywords:

Triasetin, Rasio Molar, ChemCAD, Asam asetat, Gliserol

Abstract

Penambahan triasetin kedalam campuran biodisel dapat meningkatkan perfoma mesin pada semua aspek.  Pembuatan trisetin diproses dengan proses esterifikasi dengan reaksi gliserol dan asam setat dengan dibantu  katalis. Hal tersebut perlu adanya proses pemisahan pada proses. Adanya proses distilasi yang dimana  memisahkan komponen-komponen penyusun dari suatu campuran berdasarkan titik didihnya sehingga  menghasilkan produk yang baik. Selain itu rasio molar pada feed gliserol terhadap asam asetat juga akan  memepengaruhi produk triasetin. Seperti tujuan yang dinginkan untuk mengetahui hasil optimum dari proses  pembuatan triasetin sebelum dibuat dalam skala besar dengan mengatahui pengaruh dari rasio molar feed gliserol terhadap asam asetat. Sehingga perlu adanya proses simulasi dengan menggunakan software ChemCAD untuk menentukan kondisi operasi yang baik dengan hasil produk yang baik. Sebelum mensimulasi dengan  menggunakan software ChemCAD perlu adanya perhitungan molar feed dengan menggunakan perbandingan  gliserol terhadap asam asetat. Dari hasil dapat disimulasi, sehingga memperoleh data yang menyatakan wahwa  kondisi optimum dihasilkan pada perbandingan molar feed gliserol terhadap asam asetat 1:7 dengan hasil  jumlah 6,40 kg/jam dan nilai koversi sebesar 98,35%. Yang dimana semakin tinggi asam asetat semakin tinggi  konsentrasi triasetin.

References

Silaban Dedi M, Zuchra Helwani, Silvia Reni Yenti, 2015, Esterifikasi Gliserol Sebagai Produk Samping Biodiesel Menjadi Triasetin dengan Menggunakan Katalis Zeolit Alam pada Variasi shuhu Reaksi dan Konsentrasi Katalis, Pekan baru.

Sari Nirmala, Zuchra Helwani, Hari Rionaldo, 2015, Esterifikasi Gliserol Dari Produk Samping Biodisel Menjadi Triasetin Menggunakan Katalis Zeolit Alam, Pekan baru.

Ernawati Dwi.Y, Zuchra Helwani, Silvia Reni Yenti, 2015, Penggunaan Zeolit Alam Teraktivasi Sebagai Katalis Pada Proses Esterifikasi Gliserol Dari Produk Samping Biodiesel Menjadi Triasetin, Riu.

Lestari, D.Y., 2010, Kajian Modifikasi dan Karekterisasi Zeolit Alam dari Berbagai Negara, Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, Yogyakarta

Wibowo, Agung Ari., Lusiani, Cucuk Evi., Ginting, Rizqy R., dan Hartanto, Doni., Simulasi ChemCAD: Studi Kasus Distilasi Ekstraktif pada Campuran Terner n-Propil Asetat / n Propanol / Air, Jurnal Teknik Kimia dan Lingkungan, Vol. 2, No.2, 75-83.

Widayat, Hantoro, S., Abdullah., dan Ika, W.K.H, 2013, Proses Produksi Triasetat dari Gliserol dengan Katalis Asam Sulfat, Jurnal Teknik Kimia Indonesia, Bandung

McKetta, J. J, and Cunningham, W. A., 1997. Encyclopedia of Chemical Processing and Design vol 2. Marcel Dekker, Inc, New York.

K. H. Ika Windrianto, Hantoro Satriadi, 2012. Produksi Triasetin Dengan Proses Esterifikasi Gliserol dan Asam Asetat Menggunakan Katalis Asam Sulfat. Tembalang, Semarang.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Mudi, I. P. ., & Suryandari , A. S. . (2020). STUDI PENGARUH RASIO MOLAR FEED GLISEROL TERHADAP ASAM ASETAT TERHADAP PRODUK TRIASETIN BERBASIS SIMULASI CHEMCAD. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 6(2), 89–96. https://doi.org/10.33795/distilat.v6i2.113

Issue

Section

Articles