SIMULASI PENGARUH SUHU LEAN GLYCOL PADA PROSES GAS DEHYDRATION UNIT DI INDUSTRI GAS ALAM

Authors

  • Mohammad Dwiky Darmawan Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Ariani Ariani Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v6i2.86

Keywords:

Contactor, Gas Dehydration Unit, Absorpsi, triethylenglycol (TEG), Simulasi

Abstract

Gas dehydration merupakan proses penyerapan uap air pada campuran gas dengan absorben triethylenglycol (TEG). Salah satu alat yang berperan penting di Gas Dehydration Unit adalah Contactor. Proses yang terjadi  pada contactor ini adalah proses absorpsi, dimana gas alam mengalir dari bawah kolom melewati bubble cap tray, membentuk gelembung-gelembung kecil gas di fase cair. Absorben mengalir dengan arah yang  berlawanan dengan campuran gas sehingga gas yang keluar contactor kandungan airnya berkurang. Di Industri  sering terjadi masih tingginya kandungan air di fase gas yang keluar. Ini perlu diturunkan dengan melakukan uji  coba menggunakan metode simulasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh suhu  absorben TEG (lean glycol) terhadap kandungan air dan methane di fase gas keluar (dry gas). Metode yang  digunakan adalah simulasi sensitivity study berbasis perangkat lunak. Data masukan didapat dari data harian gas flow computer (GFC) di Industri. Berdasarkan hasil simulasi kondisi terbaik didapatkan pada suhu 45℃ dengan kandungan air di dry gas sebesar 1,0328 kg/jam dan fraksi mol methane sebesar 0,8967.

References

Hendro, Andreas, A., 2013, Pengendalian Dehidrasi Natural Gas Dengan TEG Menggunakan PID Controller Dan Model Predictive Control. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

PT LBI., 2010, Operating Manual: Gas dehydration Plant. PT Lapindo Brantas Inc., Sidoarjo.

Ariani, Chalim, A, dkk. 2017. “Efek Konsentrasi Katalis Glisin pada Penangkapan Gas CO2 dengan Larutan Methyldietanolamin (MDEA) Menggunakan Kolom Berpacking”. Prosiding Seminar Nasional Rekayasa Proses Industri Kimia, 1, 2580-6572.

Kohl, A., and Nielsen, R., 1997. Gas Purification. Texas: Gulf Publishing Company Houston.

Saputri, Nimas., 2017, Analis Termal Glycol Reboiler (5 PSIG, 550℉) Pada Dehydration Unit., Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Norolla, Kasiri., 2005, Improving performance of absorption tower in natural gas dehydration process., University of Sci. & Tech., Narmak, Tehran, Iran.

Rifat, Dakil., 2012, Study The Effect Of Ph And Concentration Of Glycol Solution In The Dehydration Of Natural Gas., Basrah, Iraq.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Darmawan, M. D. ., & Ariani, A. (2020). SIMULASI PENGARUH SUHU LEAN GLYCOL PADA PROSES GAS DEHYDRATION UNIT DI INDUSTRI GAS ALAM. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 6(2), 158–163. https://doi.org/10.33795/distilat.v6i2.86

Issue

Section

Articles