ANALISIS EKONOMI BOILER WATER TUBE PADA PABRIK TRIASETIN DARI ASAM ASETAT DAN GLISEROL

Authors

  • Moh. Yusrin Nizam Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Ade Sonya Suryandari Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v6i2.105

Keywords:

Water Tube Boiler, biaya tetap, biaya tidak tetap, biaya pokok

Abstract

Boiler merupakan alat paling penting dalam proses penyediaan uap. Pada laporan akhir perancangan pabrik kimia dengan judul perancangan pabrik triasetin dari gliserol dan asam asetat dengan metode esterifikasi menggunakan  katalis resin lewatit kapasitas 7.500 ton/tahun kebutuhan suplai steam salah satunya adalah untuk suplai reboiler.  Dalam laporan akhir tersebut digunakan dua boiler tipe water tube. Secara kapasitas, penggunaan satu water  tube boiler sangat mungkin dilakukan. Maka dari itu, diperlukan analisissecara ekonomi dengan membandingkan  penggunaan satu water tube boiler dan dua water tube boiler. Artikel ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui  potensi penggunaan satu water tube boiler secara ekonomi guna menyuplai steam pada reboiler. Perhitungan  ekonomi meliputi perhitungan biaya tetap, biaya tidak tetap, dan nantinya akan diperoleh biaya pokok tiap  produksi per kilogram steam. Dengan rate keluaran steam pada boilersebesar 4047,41 kg/jam, didapatkan selisih  Biaya Tetap, Biaya Tidak Tetap, dan Biaya Pokok pada penggunaan satu water tube boiler secara berturut – turut  adalah lebih kecil 13%, 9%, 10% dari penggunaan dua water tube boiler.

References

Saputra, Hendra., Studi Teknis dan Ekonomis Perubahan Steam Boiler Menjadi Thermal Oil Boiler Sebagai Pemanas HFO Pada Kapal MV Amazon, 2011, Undergraduate Thesis of Marine Engineering ITS, Surabaya.

Nizam, Moh dkk., Perancangan Pabrik Triasetin dari Gliserol dan Asam Asetat dengan Metode Esterifikasi Menggunakan Katalis Resin Lewatit Kapasitas 7.500 Ton/Tahun, 2020, Laporan Akhir PPK, Politeknik Negeri Malang, Malang.

Komariah, leily dkk., 2009, Tinjauan Teoritis Perancangan Kolom Distilasi untuk Pra Perancangan Pabrik Skala Industri, Jurnal Teknik Kimia, No.4, Vol.16.

Parinduri, Luthfi dkk., Analisis Umur Ekonomis Mesin Perebusan Untuk Perencanaan Replacement ( Studi Kasus di PT. PN IV Kebun Adolina Perbaungan), Buletin Utama Teknik, Vol.13, No.1, Oktober 2017, ISSN: 2598-3814.

Santosa., 2008, Evaluasi Ekonomi Pada Sistem Industri, Hand out, Program Studi Teknologi Pertanian Program Pascasarjana Universitas Andalas, Padang. [6] Sarif, rafi., 2018, Analisis Ekonomi dan Uji Kinerja Pada Mesin Pencacah Daun dan Ranting Bambir Tipe Roller, Journal of Applied Agricultural Science and Technology, 2(1):1-10

Permatasari, Ratih dkk., 2015, Permodelan dan Simulasi Distilasi Batch Broth Fermentasi Pada Tray Column dengan Serabut Wool, Jurnal Teknik Kimia, No.2, Vol.9.

Geankoplis, Christie J., 1993, Transport Processes and Unit Operations, 3 rd edition, Prentice Hall, New Jersey.

UNEP., 2006, Energy Efficiency Guide for Industry in Asia, UNEP, Bangkok.

Ginanjar, Taufiq dkk., 2019, Analisis Kebutuhan Bahan Bakar Boiler dengan Melakukan Uji Kalori Pada Pabrik Kelapa Sawit PT. Sentosa Prima Agro, Jurnal S1 Teknik Mesin Universitas Tanjung Pura, Pontianak, No.1, Vol.1.

Nasrudin., 2012, Delignifikasi Tandan Kosong Kelapa Sawit Dilanjutkan dengan Hidrolisis Bertahap Untuk Menghasilkan Glukosa, Balai Riset dan Sandardisasi Industri Palembang, Palembang.

Ulrich, Gael D., 1984, A Guide to Chemical Engineering Process Design and Economics, University of New Hampshire, New York.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Nizam, M. Y. ., & Suryandari , A. S. . (2020). ANALISIS EKONOMI BOILER WATER TUBE PADA PABRIK TRIASETIN DARI ASAM ASETAT DAN GLISEROL. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 6(2), 198–206. https://doi.org/10.33795/distilat.v6i2.105

Issue

Section

Articles