EVALUASI REGENERASI CONDENSATE POLISHER PLANT PADA PT. YTL JAWA TIMUR

Authors

  • Haura Rahmayanti Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Asalil Mustain Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Erry Nabil Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v6i2.88

Keywords:

condensate polisher plant, regenerasi, resin, water treatment

Abstract

Listrik merupakan energi yang sangat dibutuhkan pada saat ini dengan kemajuan teknologi dan industri yang  mengakibatkan penggunaan listrik semakin meningkat. PT. YTL Jawa Timur merupakan salah satu pembangkit  listrik di Indonesia yang berada di Paiton Jawa Timur. Untuk menghasilkan listrik, uap yang berasal dari air laut  dibutuhkan untuk menggerakkan turbin. Air laut akan diubah menjadi air demineral dengan melewati beberapa  treatment sehingga air laut yang digunakan dapat memenuhi persyaratan khusus untuk masuk ke dalam boilerCondensate Polisher Plant (CPP) merupakan salah satu water treatment yang digunakan untuk memurnikan air  dari ion pengotor. Pada CPP berisi resin anion dan kation, air demineral akan dilewatkan melalui resin sehingga  terjadi proses ion exchange. Resin jika terus menerus digunakan akan jenuh, maka CPP perlu dilakukan regenerasi  resin. Pada proses regenerasi, flowrate aktual tidak sama dengan flowrate set point, hal tersebut dapat  disebabkan oleh konsentrasi dari bahan kimia yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi dan ketentuan awal  pada saat bahan kimia masih belum digunakan, semakin jenuh resin maka proses regenerasi akan semakin berat.  Berdasarkan data proses regenerasi dan perhitungan konsumsi bahan kimia dan air, konsumsi bahan kimia pada  proses regenerasi NaOH 0,462 ton/regenerasi dan HCl 0,783 ton/regenerasi. Sedangkan konsumsi air pada  proses regenerasi 136,71 m3/regenerasi. 

References

Wakil El, M., 1984, Power Plant Technology,McGraw-Hill Book Company,Singapore.

Lewis, R.J., 2002, Condensed Chemical Dictionary, John Wiley and Sons, Inc., New York.

Saroso, H., 2016, Optimalisasi Pemakaian NaOH dan HCl untuk Regenerasi Resin Two

Bed Water Treatment Plant, Prosiding SENTIA 2016 – Politeknik Negeri Malang, Vol. 8, No.2, 17-22.

Lestari, D.E., Utomo, S.B., Harsono, H., 2012, Analisis Kemampuan Resin Penukar Ion pada Sistem Air Bebas Mineral (GCA 01) RSG-Gas, Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Aplikasi Reaktor Nuklir PRSG, 21-33.

Tim PT. YTL Jawa Timur, 2014, Water Treatment Technology–Filtration, PT. YTL Jawa Timur, Probolinggo.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Rahmayanti, H. ., Mustain, A. ., & Nabil , E. . (2020). EVALUASI REGENERASI CONDENSATE POLISHER PLANT PADA PT. YTL JAWA TIMUR. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 6(2), 271–276. https://doi.org/10.33795/distilat.v6i2.88

Issue

Section

Articles