PERHITUNGAN ENERGI MEKANIS PADA EFISIENSI POMPA FEED BOILER WATER DI UNIT WASTE SULPHURIC ACID

Authors

  • Roshana Lailia Ramadhany Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Hardjono Hardjono Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v6i2.80

Keywords:

efisiensi, pompa, sentrifugal, pompa feed boiler

Abstract

Dalam kehidupan manusia di peradaban masa kini, pompa sangat penting artiannya dalam kehidupan  keseharian manusia demi menunjang berbagai macam fasilitas ataupun yang berkaitan dengan sector industri  pada umumnya.Pembahasan masalah pompa sentrifugal ini juga bertujuan untuk mengetahui karakterisasi yaitu  dengan menghitung neraca energi mekanis sehingga akan didapatkan efiesiensi pompa dalam persen.Pompa  adalah suatu alat atau mesin yang digunakan untuk memindahkan cairan dari suatu tempat ke tempat yang lain  melalui suatu media perpipaan dengan cara menambahkan energi pada cairan yang dipindahkan dan berlangsung  secara terus menerus.Pompa mempunyai peranan penting dan dapat dijumpai hampir di setiap industri, baik  industri kecil maupun industri besar. Pompa sentrifugal mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik (aliran,  kecepatan dan tekanan) dan motor AC mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.Banyak sentrifugal besar  menghasilkan efisiensi 75 - 90% dan yang kecil biasanya ke kisaran 50 - 70%. Pada penelitian kali ini menggunakan  jenis pompa sentrifugal dan dihasilkan efisiensi sebesar 46,9%.

References

Prayitno, P., Saroso, H., Rulianah, S., Prastika, M., 2017, The Influence of Starter Volume and Air Flowrate in Hospital Waste Water Treatment using Aerobic Fixed Film Biofilter Batch (AF2B) Reactor, Jurnal Bahan Alam Terbarukan, Vol. 6, No. 1, 6-13.

Blank, T., 2005, Engineering Economy, Edisi Keenam, Mc. Graw Hill Series in Industrial Engineering and Management Science Higher Education, The Mc Graw Hill Companies, New York.

Dongoran, J.G., 2012, Analisa Perfomansi Pompa Sentrifugal Susunan Tunggal, Seri dan Paralel., Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, Medan.

Geankoplis, C. J., 1993, Transport Processes and Unit Operations, 3rd edition, Prentince Hall, USA.

Hick, T.G., 1971, Pump Aplication Engineering, Erlangga, Jakarta.

Nursuhud, D., 2006, Mesin Konversi Energi, CV Andi Offset Surya, Yogyakarta. [7] Robert L. M., 1979, Applied Fluid Mechanics, Second Edition, Charles E. Merrill Publishing Company, Columbus, Ohio.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Ramadhany, R. L. ., & Hardjono, H. (2020). PERHITUNGAN ENERGI MEKANIS PADA EFISIENSI POMPA FEED BOILER WATER DI UNIT WASTE SULPHURIC ACID. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 6(2), 304–308. https://doi.org/10.33795/distilat.v6i2.80

Issue

Section

Articles