PERHITUNGAN TEORITIS KEBUTUHAN OKSIGEN, UDARA BERLEBIH PADA REAKSI PEMBAKARAN BATU BARA DAN NERACA MASSA TOTAL PADA FURNACE DI PT PJB UBJ O&M PLTU PAITON 9

Authors

  • Jeanny Jovitha Cynthia Yudha Prawira Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Safitri Ekawati Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Mufid Mufid Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v6i2.85

Keywords:

boiler, furnace, batu bara

Abstract

Boiler-Furnace merupakan bagian terpenting dalam suatu Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang digunakan  untuk menggerakkan turbin sehingga generator dapat menghasilkan energi listrik. Sebagian listrik yang dihasilkan  digunakan untuk menjalankan unit peralatan proses di PT. PJB UBJ O&M PLTU Paiton 9 dan sebagian lagi  diinterkoneksikan dengan SUTET milik PT. PLN untuk digunakan di Pulau Jawa dan Bali. Kebutuhan oksigen saat  terjadinya reaksi pembakaran di furnace untuk membakar batu bara untuk memanaskan air di boiler sehingga  menghasilkan steam yang digunakan untuk menggerakkan turbin sehingga generator dapat menghasilkan energi  listrik harus dihitung secara teoritis agar dapat diketahui kebutuhan oksigennya secara stoikiometri reaksinya agar  reaksi yang terjadi dapat berjalan optimal dan agar diketahui berapa jumlah udara yang harus ditambahkan  secara berlebih.

References

Asmudi, A., 2010, Analisa Unjuk Kerja Boiler terhadap Penurunan Daya pada PLTU PT Indonesia Power UBP Perak, ITS Undergraduate Thesis, Surabaya.

Alexander, A., 2013, Neraca Massa dan Neraca Energi Pengelolaan Sampah Terpadu, Jurnal Ilmiah TEKNOBIZ, Vol. 8, No. 3, 129-138.

Wuryanti, S., 2016, Neraca Massa dan Energi, Jurusan Teknik Konversi Energi Politeknik Negeri Bandung, Bandung.

Iswara, M.A.I., Nurtono, T., dan Winardi, S., 2018, Studi Fluidisasi dan Pembakaran Batubara Polydisperse di Dalam Fluidized Bed Berbasis Simulasi CFD (Computational Fluid Dynamic), Jurnal Teknik Kimia dan Lingkungan, Vol. 2, No. 1, 40-48.

Putri, P.V., 2017, Desain Steam Power Generation Menggunakan Sistem Longitudinal Water Tube Boiler untuk Menghasilkan Daya Listrik Kapasitas 1000 Watt, Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.

Dhimas, W.H., 2009, Simulasi Kebutuhan Udara Pembakaran Boiler PLTU Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Perak, FTK-ITS, Surabaya.

Downloads

Published

2023-05-19

How to Cite

Prawira, J. J. C. Y., Ekawati, S., & Mufid, M. (2023). PERHITUNGAN TEORITIS KEBUTUHAN OKSIGEN, UDARA BERLEBIH PADA REAKSI PEMBAKARAN BATU BARA DAN NERACA MASSA TOTAL PADA FURNACE DI PT PJB UBJ O&M PLTU PAITON 9. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 6(2), 316–320. https://doi.org/10.33795/distilat.v6i2.85

Issue

Section

Articles