SELEKSI PROSES DAN PENENTUAN KAPASITAS PABRIK KIMIA PEMBUATAN YOGURT DARI BAHAN BAKU KEDELAI

Authors

  • Muhammad Faturrahman Widyono Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Nanik Hendrawati Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v7i2.290

Keywords:

seleksi proses, kapasitas produksi, yogurt kedelai

Abstract

Kedelai merupakan salah satu komoditi tanaman pangan yang besar di Indonesia. Indonesia masih belum  memiliki pabrik berskala besar yang memanfaatkan kedelai sebagai bahan untuk memproduksi yogurt. Dalam  merencanakan Proses produksi pabrik kimia pembuatan yogurt kedelai perlu mempertimbangkan berbagai  macam proses produksi, metode dan bahan yang paling efisien untuk menghasilkan produk yang optimal.  Perhitungan kapasitas produksi harus lah di lakukan, perhitungan kapasitas produksi dilakukan dengan  perhitungan kenaikan rata-rata kebutuhan produksi dengan menggunakan data yang telha tersedia setiap  tahunnya, dengan penggunaan data 2014-2018 untuk mendapatkan perkiraan kapasitas produksi tahun 2024.  Tujuan dari penelitian ini untuk menyeleksi beberapa proses, komposisi bahan dan waktu fermentasi pada  pembuatan yogurt kedelai untuk mengetahui metode yang terbaik dan menentukan kapasitas produksi pabrik  kimia yogurt kedelai yang pada tahun 2024. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode produksi semi  batch merupakan metode yang terbaik, dengan waktu fermentasi terbaik selama 8 jam, serta penggunaan  campuran kultur merupakan proses produksi paling optimal, dan dengan kapasitas pabrik pada tahun 2024  sebesar 7000 ton/tahun.

References

Santoso, 2009, Susu dan Yoghurt Kedelai. Seri Teknologi Pangan Populer.

Departemen Kesehatan, RI. 2005, Departemen Kesehatan Republik Indonesia Pusat Data Dan Informasi Tahun 2005. Jakarta.

Belitz, H.D, Grosch, W. 2009. Food Chemistry.

T. Muhtahdi, Sugiyono, and F. Ayustaningwarno, 2013, Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rulianah, S., Sarosa, M., & Hadiwiyatno. 2013, Uji Organoleptik Dan Profil Kimiawi Yogurt Padat Dengan Komposisi Formula Yang Berbeda. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan.

D. S. Damardjati, Marwoto, D. K. S. Swastika, D. M. Arsyad, and Y. Hilman, 2005, Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Kedelai. Jakarta: Badan Litbang Pertanian.

Bantacut tajuddin. 2017, Pengembangan Kedelai untuk Kemandirian Pangan, Energi, Industri, dan Ekonomi. Pangan, 81–95.

Gayatri, B.R.R, dan Chumaidi, A., 2020, Seleksi Proses Dalam Pembuatan Biodiesel Dari Minyak Biji Randu Dengan Katalis CaO, Distilat Jurnal Teknologi Separasi.

Kusumawati, E. 2008, Kajian Formulasi Sari Mentimun (Cucumis Sativus L.) Sebagai Minuman Probiotik Menggunakan Campuran Kultur Lactobacillus Delbrueckii Subsp Bulgaricus, Streptococcus thermophillus Subsp Salivarus Dan Lactobacillus Caseii Subsp Rhamnosus. Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Kurniawan, Johannes., 2018, Uji Organoleptik Yoghurt Berbahan Baku Susu Kacang Kedelai Berdasarkan Lama Waktu Fermentasi. National Conference of Creative Industry 5–6.

Harper, W. James, and Carl W. Hall., 1976, Dairy Technology and Engineering. AVI Publishing Co., Inc.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Widyono, M. F. ., & Hendrawati , N. . (2021). SELEKSI PROSES DAN PENENTUAN KAPASITAS PABRIK KIMIA PEMBUATAN YOGURT DARI BAHAN BAKU KEDELAI. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 7(2), 664–670. https://doi.org/10.33795/distilat.v7i2.290

Issue

Section

Articles