PENENTUAN SUHU MAKSIMAL PADA PROSES OKSIDASI PTHALIC ANHYDRIDE PT PETROWIDADA

Authors

  • Sarah Nabila Damayanti Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Yanty Maryanty Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • M. Ansar Aris PT Petrowidada Gresik, Jl. Prof.Dr.Muhammad Yamin.SH, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v7i2.273%20

Keywords:

phthalic anhydride, oksidasi, reaksi eksotermis

Abstract

PT Petrowidada Gresik adalah sebuah pabrik yang memproduksi Phthalic Anhydride (PA). Phthalic Anhydride adalah  bahan utama dalam pembuatan plastik yang dapat digunakan untuk memproduksi lapisan seperti polimer yang  cukup kuat. Pembuatan PA secara garis besar terdiri atas 5 tahap. Tahap pertama adalah pengolahan bahan  baku berupa o-xylene dan udara. Tahap kedua adalah tahap oksidasi yang berlangsung dalam reaktor fixed bed  multitube dengan bantuan katalis. Tahap ketiga adalah tahap kondensasi gas keluaran reaktor di dalam switch condenser. Tahap keempat adalah pemurnian dan tahap terakhir adalah tahap pemadatan produk. Pada proses  bagian reaktor fixed bed multitube, menyebabkan reaksi oksidasi secara parsial dengan bantuan katalis V2O5.  Reaksi terjadi pada suhu 365-375⁰C (Reaksi eksoterm). Suhu maksimum dari reaksi tersebut digunakan untuk  mengetahui kapasitas suhu pada reaktor. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa kapasitas  suhu yang akan terjadi didalam reaktor, untuk mengantisipasi hal-hal yang nantinya tidak diinginkan. Suhu  tersebut akan bereaksi dalam reaktor dengan cara menghitung awal Tmax dengan mencari laju massa dan mol  produk terlebih dahulu setelah menghitung kapasitas panas rata-rata dan melakukan trial suhu Tmax dengan  dasar panas boiler menggunakan cara goal seek sehingga didapatkan suhu maksimum nya adalah 1322,65oC.

References

Atofina, 1993 "Operating Manual for Petrowidada Phthalic Anhydride Plant at Gresik, East Java, Republic of Indonesia".

Qadrian, M.A, 2014, Prarancangan Pabrik Phthalic Anhydride dari O-xylene dan Udara dengan Kapasitas 80.000 ton/tahun, Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada.

Andini, K.A, 2016, Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Bangunan dan Listrik, Medan.

Suharto, Muhammad, Wibowo, A.A, dkk, 2020, Optimasi Pemurnian Etanol dengan Distilasi Ekstraktif Menggunakan Chemcad, Jurnal Teknik Kimia, 6(1), hal 1-7.

Smith, H.C. Van Ness, 2005, Introduction To Chemical Engineering Thermodynamics, 7th Edition.

Rozi, Ainul, 2018, Analisa Perbaikan Kualitas pada Produksi Phthalic Anhydride dengan Pendekatan DMAIC (Studi Kasus PT Petrowidada Gresik), Jurnal MATRIX, Vol 18, Hal 1- 13.

Ayu, R.K, 2011, Prarancangan Pabrik Phthalic Anhydride Proses Von Heyden Kapasitas 45.000 ton/tahun, Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Damayanti, S. N., Maryanty, Y. ., & Aris, M. A. (2021). PENENTUAN SUHU MAKSIMAL PADA PROSES OKSIDASI PTHALIC ANHYDRIDE PT PETROWIDADA . DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 7(2), 601–605. https://doi.org/10.33795/distilat.v7i2.273

Issue

Section

Articles