PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI LIMBAH TONGKOL JAGUNG (ZEA MAYS) DENGAN PENAMBAHAN FILLER KALSIUM SILIKAT DAN KALSIUM KARBONAT

Authors

  • Abdillah Hilmi Adiprawira Radtra Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Sigit Udjiana Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v7i2.243

Keywords:

bioplastik, biodegradable, filler, pati, plasticizer

Abstract

Permasalahan tentang sampah plastik di Indonesia berdampak pada ketidakstabilan ekosistem lingkungan dan peningkatan pencemaran lingkungan. Pemakaian plastik dalam kehidupan sehari-hari sebagai pengemas terus mengalami peningkatan menyebabkan limbah plastik semakin bertambah dari hari ke hari. Sampah plastik berasal dari bahan baku minyak bumi sulit terurai oleh mikroba di dalam tanah. Plastik biodegradable adalah plastik yang dapat terdegradasi oleh mikroorganisme dan terbuat dari bahan yang dapat diperbaharui. Penelitian pemanfaatan sintesis plastik biodegaradable telah dikembangkan karena bersifat ramah lingkungan dan terbarukan. Plastik biodegradable merupakan bahan alternatif untuk menggantikan plastik kemasan konvensional agar tidak mencemari lingkungan. Plastik biodegradable dibuat dengan polimer alam sebagai bahan utama sehingga mudah dicerna oleh mikroorganisme. Tongkol jagung merupakan limbah dari pengolahan jagung yang digunakan industri makanan. Kandungan pati dalam tongkol jagung dapat dimanfaatkan untuk dibuat menjadi plastik biodegradable. Dalam penelitian ini, plastik biodegradable disintesis dari pati tongkol jagung dengan filler kalsium karbonat dan kalsium silikat lalu sorbitol sebagai plasticizer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi filler terhadap hasil plastik biodegrable yang dibuat. Karakteristik biodegradable ditandai dengan adanya uji biodegradasi, ketahanan air, dan uji kuat tarik.

References

Flieger, M., Kantorová, M., Prell, A., and Rezanka, T. V. J., 2003, Biodegradable Plastics from Renewable Sources, Folia Microbiol (Praha), Vol. 48, 27–44.

Widyaningsih, S., Kartika, D., and Tri Nurhayati, Y., 2012, Pengaruh Penambahan Sorbitol dan Kalsium Karbonat Terhadap Karakteristik dan Sifat Biodegradasi Film dari Pati Kulit Pisang, Molekul, Vol. 7, No. 1, 69.

Haryati, S., Rini, A. S., and Safitri, Y., 2017, Pemanfaatan Biji Durian Sebagai Bahan Baku Plastik Biodegradable dengan Plasticizer Gliserol dan Bahan Pengisi CaCO3, Jurnal Kimia, Vol. 23, No. 1, 1–8.

Yeti, R., and Hasanah, H., 2017, Pengaruh Penambahan Filler Kalsium Karbonat (CaCO3) dan Clay Terhadap Sifat Mekanik dan Biodegradable Plastik dari Limbah Tapioka, Techno, Vol. 18, No. 2, 96–107.

Saputro, A. N. C., and Ovita, A. L., 2017, Synthesis and Characterization of Bioplastic from Chitosan-Ganyong Starch (Canna edulis), JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), Vol. 2, No. 1, 13.

Utami, M. R., and Widiarti, N., 2014, Sintesis Plastik Biodegradable dari Kulit Pisang dengan Penambahan Kitosan dan Plasticizer Gliserol, Indonesian Journal of Chemical Science, Vol. 3, 2.

Tristanti, R. Z., Sari, J. P., and Udjiana, S. S., 2019, Karakterisasi Plastik Biodegradable dari Pati Jagung (Zea Mays) dengan Penambahan Filler Kalsium Silikat dan Kalsium Karbonat, Distilat: Jurnal Teknologi Separasi, Vol. 5, No. 2, 105–111.

Udjiana, S. S., Hadiantoro, S., Syarwani, M., and Suharti, P. H., 2019, Pembuatan dan Karakterisasi Plastik Biodegradable dari Umbi Talas (Xanthosoma sagittifolium) dengan Penambahan Filler Kitosan dan Kalsium Silikat, Jurnal Teknik Kimia dan Lingkungan, Vol.

, No. 1, 10.

Bourtom, T., 2008, Plasticizer Effect on the Properties of Biodegradable Blend Film Form Rice Starch-Chitosan, Sci. Technol, Vol. 30, 149–165.

Eli, R. N. M., Surdia, C.L., and Radiman, E. R., 2003, Pengaruh Variasi Komposisi Amilosa Terhadap Kemudahan Biodegradasi Poliuretan, Jurnal Matematika & Sains, Vol. 8, 157–161.

Hidayat, F., Syaubari, S., and Salima, R., 2020, Pemanfaatan Pati Tapioka dan Kitosan dalam Pembuatan Plastik Biodegradable dengan Penambahan Gliserol Sebagai Plasticizer, Jurnal Litbang Industri, Vol. 10, No. 1, 33.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Radtra, A. H. A. ., & Udjiana, . S. . (2021). PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI LIMBAH TONGKOL JAGUNG (ZEA MAYS) DENGAN PENAMBAHAN FILLER KALSIUM SILIKAT DAN KALSIUM KARBONAT. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 7(2), 427–435. https://doi.org/10.33795/distilat.v7i2.243

Issue

Section

Articles