EVALUASI KINERJA KOLOM FRAKSINASI C-1 DI PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MINYAK DAN GAS BUMI (PPSDM MIGAS) CEPU

Authors

  • Aditya Ilhami Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Anang Takwanto Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Rieza Mahendra Kusuma PPSDM Migas Cepu, Jl. Raya Sorogo No.1, Blora, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v7i2.256

Keywords:

PPSDM MIGAS, kolom fraksinasi c-1, efisiensi

Abstract

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM MIGAS) merupakan salah satu  Instansi Pemerintah Pusat di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya  Mineral, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kilang PPSDM MIGAS mengolah Crude oil menjadi  beberapa produk utama diantaranya, Pertasol CA, pertasol CB, Pertasol CC, dan Solar. Proses pengolahan crude  oil di PPSDM MIGAS dilakukan dengan metode pemisahan dengan menggunakan Crude Distillation Unit. Pada  Crude Distillation Unit digunakan kolom fraksinasi C-1 untuk memisahkan crude oil menjadi solar dan pertasol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai efisiensi kolom fraksinasi C-1 dengan kondisi operasi tanpa  steam. Metode perhitungan yang digunakan adalah direct method dimana efisiensi dihitung berdasarkan nilai  kalor dari aliran massa (bahan) yang masuk maupun keluar dari kolom fraksinasi C-1. Evaluasi kolom fraksinasi  C-1 dilakukan dengan membandingkan efisiensi kolom fraksinasi C-1 yang beroperasi menggunakan steam dengan efisiensi kolom fraksinasi C-1 yang beroperasi tanpa menggunakan steam. Hasil perhitungan  menunjukkan bahwa efisiensi kolom fraksinasi C-1 yang beroperasi tanpa menggunakan steam adalah sebesar  42,72%. Sedangkan efisiensi kolom fraksinasi C-1 yang beroperasi menggunakan steam sebesar 53,72%. Hal  ini menunjukkan bahwa kolom fraksinasi C-1 lebih efisien beroperasi menggunakan bantuan steam.

References

Risdiyanta, Risdiyanta., 2014, Mengenal Kilang Pengolahan Minyak Bumi ( Refinery ) di Indonesia, Forum Teknologi, Vol. 5, No. 4, 46–54.

Imam, Khoiri., 2008, Destilasi, Jurnal Kimia Dasar.

Effendy, Dwi Ardiyanto, dan Sunyoto, Masugino., 2013, Rancang Bangun Boiler pada Industri Tahu untuk Proses Pemanasan Sistem Uap dengan Menggunakan Catia V5, Journal of Mechanical Engineering Learning, Vol. 2, No. 2, 1-7.

Valentin, Adelia Dwi, dan Atika Sari Astuti, 2018, Menghitung Neraca Massa dan Energi pada Kolom Fraksinasi (C-1 dan C-2) di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi, Laporan Praktik Kerja Lapangan Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Azizah, Isti Nur, Ninda Puspita Sari, dan Maryudi Maryudi., 2016, Pengaruh Panjang Kolom Distilasi Bahan Isian terhadap Hasil Produk Cair Sampah Plastik, CHEMICA: Jurnal Teknik Kimia, Vol. 2, No. 1, 21.

Kurniawan, Deasfenta Rizky, dan Profiyanti Hermien Suharti., 2020, Evalusi Kinerja Furnace pada Proses Remelting PT. Aluvindo Extrusion. Distilat: Jurnal Teknologi Separasi, Vol. 6, No. 2, 62–68.

Cahyani, Regita Septia, Dan Mugisidi, Rifky Rifky, dan Oktarina Heriyani., 2019, Pengaruh Overall Heat Loss Coefficient terhadap Hasil Output Solar Still, Prosiding Seminar Nasional Teknoka, Vol. 3, No. 2502, 59.

Lauer, B. E., 1963, Basic principles and calculations in chemical engineering (Himmelblau, David M.), J. Chem. Educ.

Mukaddim, Aldi, Made Wirawan, dan Ida Bagus Alit., 2013, Analisa Pengaruh Variasi Bentuk Absorber pada Alat Destilasi Air Laut terhadap Kenaikan Suhu Air dalam Ruang Pemanas dan Jumlah Penguapan Air yang Dihasilkan, Dinamika Teknik Mesin, Vol. 3, No. 2, 127–35.

Adani, Shabrina Iswari, dan Yunita Ali Pujiastuti., 2018, Pengaruh Suhu dan Waktu Operasi pada Proses Destilasi untuk Pengolahan Aquades di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, Jurnal Chemurgy, Vol. 1, No. 1, 31.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Ilhami, A., Takwanto, A. ., & Kusuma, R. M. . (2021). EVALUASI KINERJA KOLOM FRAKSINASI C-1 DI PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MINYAK DAN GAS BUMI (PPSDM MIGAS) CEPU. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 7(2), 297–301. https://doi.org/10.33795/distilat.v7i2.256

Issue

Section

Articles