ANALISIS PERBAIKAN (PEMANFAATAN) KEMBALI PRODUK DEMIN WATER OFF SPEC SEBAGAI LTW

Authors

  • Anbarwita Rahminar Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Hadi Priya Sudarminto Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Rohmad Taufiki PT Petrokimia gresik, Jl. Jendral Ahmad Yani, Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v8i1.310

Keywords:

Demin water, LTW, Demin water off spec

Abstract

Demin water yang digunakan untuk utilitas sangat berpengaruh terhadap proses produksi karena jika terjadi  kendala bahkan sampai tidak ada supply demin water maka produksi akan berhenti. Oleh karena itu, dalam  penelitian ini dilakukan analisis lebih lanjut mengenai penyebab Demin water menjadi off spec dan cara  memanfaatkan demin water off spec menjadi lime treated water (LTW) yang sesuai spec dengan menggunakan  metode analisis perbaikan (pemanfaatan kembali) air demin water off spec dengan cara melakukan  demineralisasi air, yaitu dengan menggunkan anion dan kation exchanger. Demin water dikatakan off spec apabila pH terkadang naik atau turun secara tiba tiba, kadar kandungan mineral yang tinggi,terjadi kebocoran  pipa. anion exchanger Berfungsi untuk menyerap atau mengikat ion-ion negatif yang terdapat dalam  kandungan air yang keluar dari degasifier. Resin pada anion exchanger adalah R = NOH. Pada kolom mix bed  demineralizer, resin kation akan menangkap ion-ion positif dan resin anion akan menangkap ion-ion negatif  (alkality dan silica). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa demin water off spec terjadi karena resin yang  sudah jenuh, dan adanya permasalahan internal lainya. Demin water off spec dapat diatasi dengan cara  mentreatment ulang Demin water tersebut

References

Lee, C.C., Lin, S.D., 2005, Handbook Of Environmental Engineering, second edition, McGraw-Hill Publishing, Tokyo.

Sutopo, E, H., 2019, Proses Demineralisasi Air Tanah Menjadi Air TDS 0 ppm Menggunakan Metode Resin Penukar Ion Tunggal (Single Ionic Resin Exchange Method), Jurnal Inovasi . Ilmu Pengetahuan. dan Teknologi,1 (1):22-10,34.

Priambodo, D., Alimah, S., dan Dewita, E., 2009, Studi Banding Sistem Demineralisasi Air pada PLTN Opr 1000 dan AP Studi Banding Sistem Demineralisasi Air, Jurnal Pengembangan Energi Nuklir, Vol 11 no. 2 September, 84.

Wahyudi ., 2004, Kompartemen pabrik III, Bagian utilitas dan asam sulfat III PT Petrokimia Gresik.

Jahulu, P., 2019, Analisa Pengaruh Kualitas Air Terhadap Efisiensi Ketel Uap Di PT Perkebunan Lembah Bhakti (PLB),” Skripsi, pp. 1–61 .

Paid, A., Rustanto, E,Y., Suhatno, and Purwanto, 2015, Evaluasi Kinerja Sistem Air Bebas Mineral – Iebe, Hasil-Hasil Penelitian EBN, pp. 320–327.

Desmiarti, R., Martynis, M., Novita, J., Saputra, N., 2017, Kombinasi Proses Filtrasi dan Ion Exchange Secara Kontinu pada Pembuatan Aqua dm (Demineralized Water), Chemica Jurusan Teknik Kimia., vol. 4, no. 1, p. 27.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Rahminar, A. ., Sudarminto, H. P. ., & Taufiki, R. . (2022). ANALISIS PERBAIKAN (PEMANFAATAN) KEMBALI PRODUK DEMIN WATER OFF SPEC SEBAGAI LTW. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 8(1), 254–260. https://doi.org/10.33795/distilat.v8i1.310

Issue

Section

Articles