PENGARUH WAKTU PIROLISIS SERBUK GERGAJI KAYU TERHADAP HASIL ASAP CAIR

Authors

  • Ita Handayani Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Khalimatus Sa’diyah Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v8i1.227

Keywords:

Biomassa kayu, Serbuk gergaji kayu, Asap cair, Pirolisis, Waktu

Abstract

Penggunaan kayu di Indonesia sebagai bahan baku utama industri mebel sangat besar, sehingga limbah yang  dihasilkan seperti serbuk dan potongan-potongan kecil kayu juga banyak. Serbuk gergaji kayu jati digunakan  dalam penelitian karena limbah industri mebel ini belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Salah satu  teknologi aplikatif yang dikembangkan untuk pemanfaatan limbah serbuk gergaji kayu adalah mengolahnya  menjadi asap cair. Oleh karena itu dilakukan penelitian pembuatan asap cair ini untuk mengetahui pengaruh  variabel waktu pirolisis terhadap hasil asap cair. Pada penelitian ini dilakukan percobaan dengan variasi waktu  pemanasan pirolisis dan jenis kayu menjadi asap cair. Variasi waktu yang digunakan adalah 30, 45, 60, 75, dan  90 menit dengan jenis kayu yang digunakan adalah campuran kayu jati dan kayu mahoni bermassa 100 gram dengan rasio massa 50:50. Proses pirolisis dilakukan dengan menggunakan tungku atau kompor dengan setting pemanasan maksimum di kompor. Hasil asap cair dilakukan analisis terhadap volume asap cair, densitas,  %yield, nilai pH dan warna yang dihasilkan. Dalam penelitian ini volume asap cair terbesar yang dihasilkan  selama 90 menit memiliki densitas sebesar 0,48 g/cm3 dan %yield sebesar 58%. Nilai pH yang dihasilkan yaitu 5 dan produk asap cair berwarna hitam pekat. Hasil asap cair pada penelitian termasuk dalam golongan grade 3. Semakin lama waktu proses pirolisis maka semakin banyak volume asap cair yang dihasilkan.

References

Yulita, E. and H. A. B, 2011, Pemanfaatan Asap Cair Serbuk Kayu sebagai Koagulan Bokar, Jurnal Dinamika Penelitian Industri, Vol. 22, pp. 35-40.

A. Arumsari, A. Rahminar, I. Handayani, W. Pujianto and K. Sa'diyah, 2021, Karakteristik Asap Cair dari Jenis Serbuk Kayu, Jurnal Distilat, vol. 7.

Ridhuan, K., Irawan, D. and Inthifawzi, R, 2019, Proses Pembakaran Pirolisis dengan Jenis Biomassa dan Karakteristik Asap Cair yang Dihasilkan, Jurnal Program Studi Teknik Mesin UM Metro, vol. 8.

Harinen, S., 2004, Analysis of The Top Phase Fraction of Wood Pyrolysis Liquids, Laboratory of Applied Chemistry. Department of Chemistry, University of Jyvaskyla.

Maulina, S., and Putri, F. S., 2017, Pengaruh Suhu, Waktu dan Kadar Air Bahan Baku Terhadap Pirolisis Serbuk Pelepah Kelapa Sawit, Jurnal Teknik Kimia, vol. 6.

Akbar, A., Paindoman, R., and Coniwanti, P., 2013, Pengaruh Variabel Waktu dan Temperatur terhadap Pembuatan Asap Cair dari Limbah Kayu Pelawan (Cynometra cauliflora), Jurnal Teknik Kimia, Vol. 19.

Komarayanti, S., Gusmailina, G. and Efiyanti, 2018, Karakteristik dan Potensi Pemanfaatan Asap Cair Kayu Trema, Nani, Merbau, Matoa, dan Kayu Malas, Jurnal Penelitian Hasil Hutan, vol. 36, pp. 219-238.

Nasir, S., Doni, M., dan Andonie, R., 2008, Pengaruh Kondisi Operasi Pada Pembuatan Asap Cair dari Ampas Tebu dan Serbuk Gergaji Kayu Kulim, Jurnal Teknik Kimia, vol. 15, p. 6.

Bakkara, 2007, Pembuatan Asap Cair dari Tempurung Kelapa, Jakarta.

N. I. and Z., 2015, Pengaruh Variasi Temperatur dan Waktu Terhadap Rendemen Pirolisis Limbah Kulit Durian Menjadi Asap Cair, Universitas Riau.

Jayanudin, J., Uyun, E., Suhendi and Supriatna, A., H., 2014, Pengaruh Suhu Pirolisis dan Ukuran Tempurung Kelapa terhadap Rendemen dan Karakteristik Asap Cair sebagai Pengawet Alami, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.

Sa'diyah, K., Hendrawati, N., Putri, F., H., and Wardani, M., E., K., 2017, Pembuatan Asap Cair dari Pirolisis Serbuk Gergaji Kayu Jati dan Aplikasinya sebagai Pengawet Alami Tahu, Prosiding Seminar Nasional Rekayasa Proses Industri Kimia, Malang.

Layne, C., 2006, Isolasi dan Pemurnian Asap Cair Berbahan Dasar Tempurung dan Sabut Kelapa secara Pirolisis dan Distilasi, Prosiding Konferensi Nasional Kelapa.

Wijaya, M., Noor, Irawadi, E., T., T., and Pari, G., 2008, Perubahan Suhu Pirolisis Terhadap Struktur Kimia Asap Cair dari Serbuk Gergaji Kayu Pinus, Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Hutan, vol. 1, no. 2, pp. 73-77.

Nurrassyidin, Idral, and Zultiniar, Variasi Temperatur dan Waktu Terhadap Rendemen Pirolisis Limbah Kulit Durian menjadi Asap Cair, Universitas Riau, Pekanbaru.

Sitanggang, D., R., and Sigalingging, R., 2018, Uji Karakteristik Asap Cair Sekam Padi pada Alat Pirolisis Plastik-Sekam Padi, Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian, vol. 8.

Ariyani, D., Mujiyanti, D., R., and Harlianto, D., Y., Studi Kajian Kandungan Senyawa pada Asap Cair Sekam Padi, Prosiding Seminar Nasional Kimia, Surabaya.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Handayani, I., & Sa’diyah, K. (2022). PENGARUH WAKTU PIROLISIS SERBUK GERGAJI KAYU TERHADAP HASIL ASAP CAIR . DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 8(1), 28–35. https://doi.org/10.33795/distilat.v8i1.227

Issue

Section

Articles