EVALUASI PERHITUNGAN NERACA MASSA PRENEUTRALIZER TANK-GRANULATOR PADA UNIT PHONSKA 4 PABRIK II B PT PETROKIMIA GRESIK

Authors

  • Wisnu Jurdan Hidayat Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Abdul Chalim Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v8i4.421

Keywords:

Granulator, Neraca massa, Phonska IV

Abstract

PT Petrokimia Gresik merupakan salah perusahaan BUMN di bawah naungan Pupuk Indonesia Holding  Company (PIHC). Kata “Petrokimia” berasal dari kata “Petrochemical” yang memiliki arti pengolahan bahan  baku yang berasal dari minyak dan gas bumi dan menghasilkan bahan bahan kimia. Penelitian ini difokuskan  pada Unit Phonska IV pada pabrik II B PT Petrokimia Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara  menghitung neraca massa Unit Phonska IV pada pabrik II B PT Petrrokimia Gresik. Pada penelitian ini  menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi secara langsung dengan periode selama satu  bulan yang didapatkan pada Unit Phonska 4 PT Petrokimia Gresik. Metode perhitungan pada penelitian ini  menghitung neraca massa pada unit Phonska IV. Neraca massa adalah cabang ilmu yang menghitung secara  tepat dari bahan bahan yang masuk, bahan yang terakumulasi, dan bahan yang keluar dengan periode  tertentu. Ilmu ini selaras dengan Hukum Kekekalan Massa, yaitu massa tidak dapat diciptakan dan tidak dapat  dimusnahkan. Persamaan neraca massa dapat dituliskan sebagai berikut, massa akumulasi dapat dihitung  dengan massa yang masuk sistem sama dengan massa yang keluar sistem. Hasil perhitungan perhitungan  neraca massa tiap equipment pada Preneutralizer dan Granulator juga didapatkan massa yang masuk (input)  sama dengan massa yang keluar (output). Dengan hasil perhitungan ini maka dalam keadaan setimbang  (balance) sebesar 161265,3641 kg/jam.

References

"PT Petrokimia Gresik," 6 Juni 2022. [Online]. Available: https://Petrokimia Gresik.Com/Page/Kapasitas-Produksi. [Accessed 15 Juli 2022].

"PT Petrokimia Gresik," Petrochemical, 6 Juni 2022. [Online]. Available: https://Petrokimia-Gresik.Com/Page/Sejarah-Perusahaan. [Accessed 15 Juli 2022].

"Komposisi Phonska," PT Petrokimia Gresik, Gresik, 2020.

"Komposisi NPK Bersubsidi," PT Petrokimia Gresik, Gresik, 2020.

M. Alexander, " Neraca Masa Dan Neraca Energi Pengelolaan Sampah Terpadu Penujah Kabupaten Tegal," Ilm. Progr. Stud. Magister Tek. Mesin, Vol. 8, Pp. 129-138, 2018.

M. N. M. M. A. Z. F. Aulia Sari Az Zahra, "PERHITUNGAN NERACA MASSA CONVERTER (30-R-1201) PADA UNIT ASAM SULFAT PABRIK III B PT PETROKIMIA GRESIK," Distilat Jurnal Teknologi Separasi, Vol. 7, 2021.

S. Wuryanti, Neraca Massa dan Neraca Energi, Bandung: Jurusan Teknik Konversi Energi Politeknik Negeri Bandung, 2016.

D. M. H. A. J. B. Riggs, Basic Principles and Calculations in Chemical Engineering, Prenada, 2004.

J. D. C. S. P. A. M. R. R. D. Paranita, "Perhitungan Neraca Pada Proses Pengambilan Minyak Pada Unit Decanter Di PT Perusahaan Perkebunan Dan Dagang Indah Pantjan Perbaungan," Vol. Vol 2, 2019.

N. A. M. A. M. S. S. I. Munawaroh, "Perhitungan Neraca Massa Dan Neraca Energi Evaporator Pada Unit Kilang PPSDM Migas Cepu," Vol. Volume 7, 2021. [11] W. L. S. J. C. A. H. P. Mccabe, Unit Operations of Chemical, United State of America: Mc Graww-Hill, 1993.

"Key Parameter PN Tank-Granulator," PT Petrokimia Gresik, Gresik, 2020.

"Data Sheet Pre-Neutralizer," PT Petrokimia Gresik, Gresik, 2019.

A. C. Dhevita Tara Dwi Prastika, "Perhitungan Neraca Massa Pada Stripper (DA-101) Di Pabrik Urea Departemen Produksi IA PT Petrokimia Gresik," Distilat Jurnal Teknologi Separasi, Vol. 7, 2021.

M. H. Ismayanda and F. Mulana, “Studi Pembuatan Pupuk Kalium Sulfat Dari Abu Sekam Padi Dan Gipsum Alam Ismayanda, M. H., & Mulana, F. (2014). Studi Pembuatan Pupuk Kalium Sulfat Dari Abu Sekam Padi Dan Gipsum Alam Menggunakan Reaktor Tangki Berpengaduk the Study of Potassium Sulphate F,” J. Rekayasa Kim. Dan Lingkung., Vol. 10, No. 2, Pp. 78–83, 2014.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Hidayat, W. J., & Chalim, A. (2022). EVALUASI PERHITUNGAN NERACA MASSA PRENEUTRALIZER TANK-GRANULATOR PADA UNIT PHONSKA 4 PABRIK II B PT PETROKIMIA GRESIK. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 8(4), 791–796. https://doi.org/10.33795/distilat.v8i4.421