SELEKSI PROSES DAN PENENTUAN KAPASITAS PRODUKSI INDUSTRI SABUN MANDI CAIR BERBAHAN BAKU VIRGIN COCONUT OIL (VCO)

Authors

  • Noufi Mujibur Ridlo Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Heny Dewajani Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v8i4.502

Keywords:

kapasitas produksi, sabun mandi cair, seleksi proses, virgin coconut oil

Abstract

Sabun mandi merupakan kebutuhan pokok yang universal, karena hampir semua manusia menggunakan sabun  untuk keperluan hidupnya. Manfaat utama sabun yaitu untuk melembabkan kulit, memutihkan kulit, dan  menjaga kesehatan kulit. Sabun memiliki banyak bentuk, salah satunya adalah sabun cair. Sabun cair dapat  dihasilkan dari Virgin Coconut Oil, karena memiliki kandungan asam laurat tinggi yang berguna untuk kesehatan  kulit. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan proses yang paling efektif dalam pembuatan sabun cair dan  menentukan kapasitas produksi dalam industri sabun cair. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses  saponifikasi trigliserida efektif untuk digunakan karena mempertimbangkan beberapa hal yang dapat  mempengaruhi jalannya industri kedepannya, seperti konversi yang dihasilkan, suhu operasi, energi yang  dibutuhkan, serta limbah atau produk samping yang dihasilkan. Selain itu, penentuan kapasitas produksi harus  dilakukan agar kapasitas produksi di industri sesuai dengan kebutuhan konsumsi masyarakat. Penentuan  kapasitas dilakukan dengan perhitungan pertumbuhan rata-rata pertahun pada proses produksi sabun mandi  cair, dengan menggunakan data ekspor dan impor pada tahun 2016-2020 untuk mendapatkan hasil perkiraan  pada tahun 2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kapasitas produksi yang didapatkan sebesar 80.000  ton/tahun. 

References

A. N. Alamsyah, Virgin Coconut Oil: Minyak Penakluk Aneka Penyakit, 1st ed. Jakarta Selatan: Agro Media Pustaka, 2005.

B. R. Gayatri, dan A. Chumaidi, “Seleksi Proses dalam Pembuatan Biodiesel dari Minyak Biji Randu dengan Katalis CaO,” Jurnal Destilat Teknik Kimia Politeknik Negeri Malang, vol. 6, no. 2, hal. 236–240, 2020.

Badan Pusat Statistik (BPS) (2021, November 1). Produksi Tanaman Kelapa [online]. Tersedia:https://www.bps.go.id/indicator/54/132/1/produksitanamanperkebunan.ht ml

R. Sari, dan A. Ferdinan, “Antibacterial Activity Assay of the Liquid Soap from the Extract of Aloe vera Leaf Peel,” Buletin Balitka Teknik Pertanian, vol. 13, no.2, 2017 [5] S. Wibowo, “Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan,” Prosiding Konferensi Nasional Kelapa VI. Gorontalo, 2016.

Standar Nasional Indonesia Minyak kelapa virgin (VCO). SNI 7381-2008 [6] S. Karouw, dan E.T. Tenda, “Daging Buah Kelapa: Sumber Asam Lemak dan Asam Amino Essensial,” Makalah disampaikan pada KNK VI, 12-14 Mei 2013 di Gorontalo.

A. Widyasanti, C. L. Farddani, dan D. Rohdiana, “Making Of Tranparent Solid Soap Using Palm Oil Based With Addition White Tea Extracts (Camellia sinensis),” Jurnal Teknik Pertanian Lampung, hal. 126, 2016.

Y. S. Soeka, J. Sulistiyo, dan E. Naiola, “Biochemical analysis of extracting fermented coconut oil,” Biodiversitas Journal of Biological Diversity, vol. 9, no. 2, 2018.

M. Dwi, W. P. Ivo, L. Safitri dan Marlin, “Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dari Kelapa Hibrida Menggunakan Metode Penggaraman Dengan NaCl dan Garam Dapur Universitas Mulawarman,” Jurnal Chemurgy, vol. 1, no.2, hal. 7-12, 2017.

N. Hapsari, dan T. Welasih, “Pembuatan virgin coconut oil (VCO) dengan metode saponifikasi trigliserida,” Jurnal Teknologi Pangan, no. 42: hal. 1-12, 2013.

H. Nuryanti, “Analisis Pengembangan Produksi dan Pemasaran Virgin Coconut Oil (VCO) Di Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Riau,” Jurnal Ekonomi Universitas Riau, no. 191, hal. 1-10, 2012

S. Septhiani, dan F. P. Nursa’adah, “Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan Metode reaksi metil ester dan Pemanfaatannya untuk Kesehatan,” Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 2019.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Ridlo, N. M. ., & Dewajani, H. . (2022). SELEKSI PROSES DAN PENENTUAN KAPASITAS PRODUKSI INDUSTRI SABUN MANDI CAIR BERBAHAN BAKU VIRGIN COCONUT OIL (VCO) . DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 8(4), 928–936. https://doi.org/10.33795/distilat.v8i4.502