PENGARUH JENIS KOAGULAN DAN VARIASI PH TERHADAP KUALITAS LIMBAH CAIR DI INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH PT KAWASAN INDUSTRI INTILAND

Authors

  • Dicky Morina Hutabarat Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Wianthi Septia Witasari Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Rio Baskoro PT Kawasan Industri Intiland, Jl. Raya Ngoro, Mojokerto 61385, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v8i3.464

Keywords:

Flokulasi, koagulan, limbah cair, pH, koagulasi

Abstract

PT Kawasan Industri Intiland merupakan salah satu Kawasan Industri di Indonesia tepatnya di Ngoro Mojokerto yang memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). IPAL ini merupakan bentuk kepedulian terhadap  lingkungan guna mengolah limbah dari proses produksi pabrik yang ada di dalam kawasan. IPAL ini menggunakan system pengolahan biologi lumpur aktif yang digabung dengan pengolahan kimia menggunakan  metode koagulasi-flokulasi. Salah satu faktor dalam keberhasilan proses koagulasi-flokulasi adalah  penambahan bahan kimia sebagai koagulan dan kondisi pH pada air limbah. Tujuan penelitian ini adalah  menganalisis pengaruh jenis koagulan dan pengaruh variasi pH pengolahan terhadap penurunan kadar  pencemar air limbah pada unit koagulasi-flokulasi. Penelitian dilakukan pada skala Laboratorium menggunakan  metode Jar test pada pengadukan cepat 100 rpm dan pengadukan lambat 50 rpm. Koagulan yang digunakan  adalah Al2(SO4)3, FeCl3, FeSO4, dan Ca(OH)2. Flokulan yang digunakan jenis Poly Anionic Acrylamide. Variasi pH  dilakukan pada pengolahan pH 7, 8, dan 9. COD, TSS dan Kekeruhan adalah parameter yang dianalisis pada  penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koagulan FeCl3 dengan variasi pH 8 paling efektif  menurunkan kadar COD, TSS, dan kekeruhan dengan nilai masing-masing parameter tersebut yaitu kadar COD  160 mg/L, kadar TSS 16 mg/L, dan kadar kekeruhan 21 NTU.

References

Asmadi dan Suharno, “Dasar - Dasar Teknologi Pengolahan Air Limbah.” Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2012.

S. W. Rachmawati dan B. Iswanto, “Pengaruh pH pada Proses Koagulasi dengan Koagulan Aluminum Sulfat dan Ferri Klorida,” Jurnal Teknologi Lingkungan. vol. 5, no. 2, hal. 40–45, 2009.

Z. Rahimah, H. Heldawati, dan I. Syauqiah, “Pengolahan Limbah Deterjen dengan Metode Koagulasi - Flokulasi Menggunakan Koagulan Kapur dan PAC,” Jurnal Konversi. vol. 5, no. 2, hal. 13–19, 2016.

I. Nugraha dan S. D. D. Diyastara, “Efektivitas Koagulan Tawas, PAC, dan FeCl3 pada Pengolahan Limbah Cair Tempe dengan Metode Koagulasi-Flokulasi.” Malang: Politenik Negeri Malang, 2021.

A. P. Kristijarti, I. Suharto, dan Marieanna, “Penentuan Jenis Koagulan dan Dosis Optimum untuk Meningkatkan Efisiensi Sedimentasi dalam Instalasi Pengolahan Air Limbah Pabrik Jamu X.” Bandung: Universitas Katolik Parahyangan, 2013.

D. P. Marisi, Suprihatin dan A. Ismayana, “Eksplorium Penurunan Kadar Torium dan Radioaktivitas dalam Limbah Cair Proses Pengolahan Monasit PLUTHO Menggunakan Koagulan FeSO4,” Jurnal Eksplorium. vol. 39, no. 1, hal. 39–50, 2018.

W. T. D. Astuti, T. Joko, dan N. A. Y. Dewanti, “Efektivitas Larutan Kapur dalam Menurunkan Kadar Fosfat pada Limbah Cair RSUD Kota Semarang,” Jurnal Kesehatan Masyarakat. vol. 4, no. 3, hal. 941-948, 2016.

K. Permatasari, O. Setiani, dan M. Raharjo, “Perbedaan Efektivitas Variasi Konsentrasi Feri Klorida dan Polyalumunium Chloride dalam Menurunkan Kadar Chemical Oxygen Demand (COD) pada Air Lindi TPA Jatibarang Kota Semarang,” Jurnal Kesehatan Masyarakat. vol. 4, no. 1, hal. 390-398, 2016.

A. Budiman, C. Wahyudi, W. Irawati, and H. Hindarso, “Kinerja Koagulan Poly Aluminium Chloride ( PAC ) dalam Penjernihan Air Sungai Kalimas Surabaya Menjadi Bersih,” Jurnal Widya Teknik. vol. 7, no. 1, hal. 25–34, 2008.

I. Fatma dan I. Nisa, “Pengolahan Limbah Cair Laboratorium PT Graha Mutu Persada dengan Metode Koagulasi–Flokulasi untuk Penurunan Kadar Logam Berat.” Malang: Politeknik Negeri Malang, 2021.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Hutabarat, D. M., Witasari, W. S. ., & Baskoro, R. (2022). PENGARUH JENIS KOAGULAN DAN VARIASI PH TERHADAP KUALITAS LIMBAH CAIR DI INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH PT KAWASAN INDUSTRI INTILAND. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 8(3), 588–594. https://doi.org/10.33795/distilat.v8i3.464