ANALISIS EFEKTIVITAS PROSES FILLING AND PACKING DI PERUSAHAAN AGRIKULTUR

Authors

  • Safira Fereste Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Eko Naryono Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v10i1.4183

Keywords:

beban kerja , cycle time, produktivitas, time motion analysis

Abstract

Suatu perusahaan manufaktur dalam menghasilkan produk yang baik hingga mencapai target, memerlukan metode untuk meningkatkan produktivitas para operatornya. Setiap harinya dalam melakukan proses produksi, Perusahaan agrikultur memberlakukan pembagian kerja operator menjadi 3 shift dengan total jam kerja per shift 8 jam.  Beban kerja pada area produksi dalam tiap shiftnya perlu dilakukan evalusi agar lebih efektif. Dengan demikian dapat diketahui apakah pembagian beban kerja tiap pekerjaan yang dilakukan oleh masing – masing operator telah merata. Hal ini bertujuan menghindari adanya beberapa operator yang mendapatkan beban kerja melebihi batas standart. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis beban kerja masing – masing operator dalam satu area produksi filling and packing. Penentuan beban kerja operator dilakukan dengan menggunakan Time Motion Analysis dengan alat stopwatch untuk mendapatkan cycle time per masing – masing kegiatan. Setelah melakukan analisis beban kerja menggunakan Time Motion Analysis, peneliti dapat memberikan usulan kepada Perusahaan agrikultur agar Perusahaan agrikultur dapat meningkatkan produktivitas operator. Hasil penelitian ini yaitu beban kerja operator pada Perusahaan agrikultur belum merata. Berdasarkan % beban kerja  OPT 1 dan OPT 2 bisa dilakukan oleh satu orang karena pada supply botol telah menggunakan mesin unscramble. Berdasarkan % beban kerja OPT 6 melebihi standart dikarenakan proses pembuatan box dilakukan secara manual.

References

N. Aini dan M. Mahachandra, “Optimalisasi Jumlah Karyawan Melalui Pengukuran Beban Kerja Dengan Metode Stopwatch Time Study (SWTS) pada PT. XYZ,” Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gadjah Mada, hlm. 50–55, 2020.

R. Arif, “Analisa Beban Kerja Dan Jumlah Tenaga Kerja Yang Optimal Pada Bagian Produksi Dengan Pendekatan Metode Work Load Analysis (WLA) dI PT Surabaya Perdana Rotopack,” Surabaya, 2012.

G. Pakki, R. Soenoko, dan P. B. Santoso, “Usulan Penerapan Metode Six Sigma Untuk Meningkatkan Kualitas Klongsong (Studi Kasus Industri Senjata),” Journal of Engineering and Management Industial System, vol. 2, no. 1, hlm. 10–18, 2014.

E. M. Sari dan M. M. Darmawan, “Pengukuran Waktu Baku Dan Analisis Beban Kerja Pada Proses Filling Dan Packing Produk Lulur Mandi Di Pt. Gloria Origita Cosmetics,” Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, vol. 2, no. 1, hlm. 51–61, 2020.

R. R. Meutia, “Optimasi Beban Kerja Operator Pada Lini Produksi MFA di PT Syngenta - Indonesia,”, Mar 2021.

A. I. Sari dan B. Suhardi, “Analisa Produktivitas Operator Internal Warehouse Dengan Metode Workload Analysis Pt Xyz,” Seminar Dan Konferensi Nasional, hlm. 1–10, 2020.

A. Fernanda, “Analisis Beban Kerja Untuk Menentukan Jumlah Optimal Karyawan ( Studi Kasus : Departemen Teknik Dan Administrasi Pt Pln ( Persero ) Rayon Sidoarjo Kota ) Workload Analysis for Determining the Optimal ( Case Study : Engineering Department and Administration,” Surabaya, Jul 2014.

A. Setiawan, B. Sumartono, dan H. Moektiwibowo, “Analisis Beban Kerja Dengan Metode Work Load Analysis Untuk Meningkatkan Kinerja Teknisi Penguji Lampu Swabalast Di Pt. Sucofindo (Persero) Cibitung,” Jurnal Teknik Industri, vol. 10, no. 2, hlm. 115–121, 2013.

H. Arifin, “Penerapan Metode Analisis Beban Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas di Bagian Case Assy Up di PT. Yamaha Indonesia,” Teknoin, vol. 26, no. 2, hlm. 83–95, 2020.

R. Irawati dan D. A. Carollina, “Analisis Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Operator Pada PT Giken Precision Indonesia ,” Inovbiz : Jurnal Inovasi Bisnis, vol. 5, no. 1, hlm. 51, 2017.

R. Afiani dan D. Pujotomo, “Penentuan Waktu Baku Dengan Metode Stopwatch Time Study Studi Kasus Cv . Mans Group,” Jurusan Teknik Industri, vol. 6, no. 3, hlm. 30, 2017.

R. A. Nurpratama, E. Nursanti, dan H. G. W, “Pengukuran Waktu Standard Dan Beban Kerja Untuk Alokasi Penentuan Jumlah Pekerja Helper Di Pt. PJB Ubjom Tuban,” Jurnal Valtech, vol. 2, no. 2, hlm. 131–138, 2019.

R. Irawati dan D. A. Carollina, “Pengukuran Waktu Kerja Dengan Metode Time Motion Study Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Produksi Greenware (Studi kasus : PT XYZ) Working Time Measurement With Time Motion Study Method To Increase Greenware Production Work Productivity (Case study : PT XYZ),” Journal Industrial Manufacturing, vol. 7, no. 2, hlm. 85–96, 2022.

T. U. Hasanah, T. Wulansari, dan M. Fauzi, “Penerapan Lean Manufacturing dengan Metode Takt Time dan FMEA untuk Mengidentifikasi Waste pada Proses Produksi Steril PT.XYZ ,” Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), vol. 7, hlm. 89, 2020.

T. U. Hasanah, T. Wulansari, dan M. Fauzi, “Analisis Beban Kerja Operator Menggunakan Metode Workload Analysis pada Lini Penimbangan Bahan Baku di PT XYZ,” Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, hlm. 1–9, 2022.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Fereste, S., & Naryono, E. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS PROSES FILLING AND PACKING DI PERUSAHAAN AGRIKULTUR. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 10(1), 139–150. https://doi.org/10.33795/distilat.v10i1.4183

Issue

Section

Articles