PENGGUNAAN LIMBAH CAIR DI EQUALIZER ZA-II (LIMBAH PRODUKSI AMONIUM SULFAT) SEBAGAI PENETRAL LIMBAH ASAM DI PRODUKSI SULFURIC ACID (SA-I)

Authors

  • Athika Ayu Kautsar Ilafi Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Noor Isnaini Azkiya Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Rohmad Taufiqi PT Petrokimia Gresik Jl. Jenderal Ahmad Yani, Ngipik, Karangpoh, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61119, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v10i1.4900

Keywords:

equalizer, limbah cair, NaOH, penetralan

Abstract

PT Petrokimia Gresik Departemen Produksi IIIA terdapat beberapa proses produksi yang menghasilkan limbah cair. Pada penelitian ini dilakukan penetralan limbah dengan pemanfaatan limbah cair equalizer ZA-II sebagai penetral Limbah Asam di Open Ditch SA-I untuk mengurangi pengeluaran kebutuhan NaOH dan CaO. Untuk mengetahui pengurangan kebutuhan NaOH dan CaO, diperlukan data perbandingan volume yang dihasilkan untuk pencampuran limbah ZA-II dengan limbah SA-I agar mendapatkan pH netral, maka metode yang pertama kali dilakukan yaitu mengukur pH pada limbah masing – masing equalizer, melakukan trial and error untuk perbandingan campuran asam dan basa pada larutan di equalizer SA-I dan equalizer ZA-II, dan menghitung kebutuhan NaOH dan CaO pertahun sebelum dan sesudah penggunaan equalizer ZA-II sebagai penetral equalizer SA-I. Dalam percobaan ini didapatkan perbandingan volume limbah SA-I dengan limbah ZA-II yaitu 1:75 dengan penghematan yang didapatkan setelah adanya penambahan dari limbah equalizer ZA-II yaitu sekitar kurang lebih 2.13%, sehingga saran yang membangun ini bisa jadi sebagai rekomendasi untuk PT Petrokimia Gresik untuk meminimalisir penggunaan NaOH dan CaO dalam pengolahan  limbah.

References

P. Meilita, R. G. Lina, I. A. Resti, dan A. Dhiafakhri, “Industri Petrokimia Indonesia,” Ina. April, vol. 30, 2019.

G. Nismara, “Studi Kinerja Pengolahan Limbah Cair dan Analisa Manajemen K3 - PT Petrokimia Gresik.” UPN Veteran Jawa Timur, 2022.

R. Dewi, “Bangunan Pengolahan Air Buangan Industri Petrokimia Hulu.” UPN Veteran Jatim, 2022.

Y. A. Prabowo, “Analisa Dampak Lingkungan di Sekitar Industri Petrokimia (Analysis Of Enviromental Impacts Around The Petrochemical Industry),” J. Petro, 2021.

E. M. Bestari dan K. S. Lestari, “Analisis Pengolahan Limbah Cair di PT Petrokimia Gresik,” Maj. Kesehat. Masy. Aceh, vol. 3, no. 2, 2020.

H. A. Sumantri dan M. K. SKM, Kesehatan Lingkungan-Edisi Revisi. Prenada Media, 2017.

G. Nismara, “Bangunan Pengolahan Air Buangan Industri Pupuk PT Petrokimia Gresik.” UPN Veteran Jawa Timur, 2022.

A. A. Maulana, “Perancangan Bangunan Pengolahan Air Buangan Industri Petrokimia Hulu.” UPN Veteran Jatim, 2021.

M. Y. P. Setyono dan P. A. Wildanum, “Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Limbah B3 PT Petrokimia Gresik,” 2021.

M. R. Akbar dan M. Reskiawan, “Pra Rancangan Pabrik Asam Fosfat Dari Batuan Fosfat Dan Asam Sulfat Dengan Kapasitas 200.000 Ton/Tahun,” 2021.

M. Setiajie dan M. Nofianto, “Praktek Kerja Lapang PT Petrokimia Gresik ‘Departemen Produksi IIIA’ Bagian Asam Sulfat,” 2022.

M. K. Ni’am, E. Noerhayati, B. Suprapto, dan A. Rahmawati, “Pengolahan Limbah Cair Domestik untuk Pemenuhan Air Bersih dengan Metode Filter serta Penetralan dengan Eceng Gondok,” J. Rekayasa Sipil, vol. 9, no. 1, 2021.

E. Kurniawati dan M. Sanuddin, “Metode filtrasi dan adsorpsi dengan variasi lama kontak dalam pengolahan limbah cair batik,” Ris. Inf. Kesehat., vol. 9, no. 2, hal. 126, 2020.

W. M. Y. N. P. Torowati, “Analisis Kadar Uranium dan Keasaman Untuk Menentukan Kebutuhan Sodium Hidroksida pada Penetralan Limbah Uranium Cair di Laboratorium Kimia Instalasi Elemen Bakar Eksperimental,” J. Pus. Teknol. Bahan Bakar Nukl., vol. 19, no. 1, hal. 27–36, 2017.

Z. Zulferiyenni dan S. Hidayati, “Sifat Kimia Limbah Padat Rumput Laut Hasil Pemurnian Menggunakan H2O2 dan NaOH,” 2016.

Y. Herlin, F. Meiyasa, dan K. U. Henggu, “Evaluasi Konsentrasi Kapur Tohor (CaO) Terhadap Mutu Semi Refined Carrageenan Rumput Laut Kappaphycus alvarezii,” Marinade, vol. 5, no. 01, hal. 19–27, 2022.

A. U. Rahmania dan H. G. Ariswati, “Perancangan PH Meter Berbasis Arduino Uno.” Surabaya: Poltekkes Surabaya, 2018.

N. V. Nadhifah dan A. T. Azalia, “Pengolahan Limbah Domestik di PT. Petrokimia Gresik,” 2021.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Ilafi, A. A. K., Azkiya, N. I., & Taufiqi, R. (2024). PENGGUNAAN LIMBAH CAIR DI EQUALIZER ZA-II (LIMBAH PRODUKSI AMONIUM SULFAT) SEBAGAI PENETRAL LIMBAH ASAM DI PRODUKSI SULFURIC ACID (SA-I). DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 10(1), 316–321. https://doi.org/10.33795/distilat.v10i1.4900

Issue

Section

Articles