SELEKSI PROSES DAN PENENTUAN LOKASI PRODUKSI PADA PRARANCANGAN PABRIK DISPROPORTIONATED ROSIN DARI GONDORUKEM GRADE WG DENGAN KAPASITAS 3000 TON/TAHUN

Authors

  • Novita Eka Nur Ilma Budiana Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Heny Dewajani Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Achmad Chumaidi Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Anne Rahma Salsabila Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Aulia Romadhona Jihad Alfajri Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia
  • Muhammad Naufal Sandifa Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No. 9, Malang 65141, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/distilat.v10i1.4949

Keywords:

disproportionated rosin, gondorukem, lokasi pabrik, seleksi proses

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia yang memiliki luas kawasan 125.956.142,71 hektar. Salah satu jenis pohon di hutan Indonesia adalah pohon pinus. Pohon pinus memiliki produk hasil hutan bukan kayu, yaitu gondorukem. Gondorukem secara tradisional dibutuhkan dalam proses pembuatan batik, sabun, industri kertas. Gondorukem memiliki kelemahan yaitu cenderung mengkristal, mudah teroksidasi oleh oksigen dan mudah bereaksi dengan garam logam berat dalam vernis sehingga diperlukan modifikasi. Salah satu modifikasi gondorukem adalah disproportionated rosin (DPR) yang mempunyai karakteristik berupa ketahanan oksidasi yang baik, tingkat kerapuhan yang rendah, stabilitas termal yang tinggi, dan warna yang cerah. DPR digunakan dalam industri pembuatan perekat, tinta percetakan, pigmen organik, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan seleksi beberapa metode proses dalam produksi DPR untuk mengetahui metode terbaik serta menentukan lokasi pabrik terbaik sebagai tempat produksi DPR. Seleksi proses dilakukan dengan metode grading dengan mempertimbangkan aspek ekonomi, kualitas produk yang dihasilkan, dan dampak terhadap lingkungan. Pada penentuan lokasi pabrik menggunakan metode factor rating. Metode ini dilakukan dengan memberikan nilai dari beberapa lokasi alternatif yang dipilih dengan melihat faktor-faktor yang telah ditentukan. Hasil dari seleksi proses menggunakan metode asetonisasi yang menghasilkan DPR dengan kandungan asam abietik yang rendah lebih stabil terhadap oksidasi dan lebih menguntungkan di segi ekonomi. Penetapan lokasi pabrik DPR berkapasitas 3.000 ton/tahun berdasarkan faktor ketersediaan bahan baku, pemasaran, utilitas, keadaan geografis dan masyarakat, tenaga kerja, buangan pabrik, site dan karakteristik lokasi, serta peraturan perundang-undangan dipilih Jalan Mawar, Dusun Krajan, Desa Biting, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember Jawa Timur.

References

Chairan dan N. Aidar, “Kontribusi Hasil Hutan Bukan Kayu terhadap Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Desa Panton Pawoh),” J. Ilm. Mhs., vol. 3, no. 3, hal. 379–390, 2018.

A. Wardah dan A. Chumaidi, “Seleksi Proses dan Penentuan Kapasitas Produksi pada Industri Disproportionated Rosin (DPR) Dari Gum Rosin,” Distilat J. Teknol. Separasi, vol. 8, no. 3, hal. 663–669, 2022.

S. Permatasari dan R. bagus Rahmatullah, “Pemisahan Terpentin dan Gondorukem dari Getah Pinus (Pinus Merkusii Jungh. Et de Vriese ) dengan Metode Destilasi,” Insitut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.

D. R. Mahendra, E. K. Sari, R. A. Chabibah, S. Habiba, dan A. Chumaidi, “Berbagai Proses dalam Pembuatan Disproportionated Rosin dari Gondorukem dengan Presipitasi Naoh,” Distilat J. Teknol. Separasi, vol. 7, no. 2, hal. 155–161, 2021.

D. Q. Putri dan A. Chumaidi, “Sintesis DPR (Disproportionated Rosin) dari Gum Rosin Grade X secara Batch,” Distilat J. Teknol. Separasi, vol. 7, no. 2, hal. 302–309, 2021.

R. A. Chabibah, D. R. M, E. K. Sari, S. Habiba, dan A. Chumaidi, “Analisa Ekonomi Pra Rancangan Pabrik Kimia DPR (Disproportionated Rosin) dengan Kapasitas 2000 Ton/Tahun,” Distilat J. Teknol. Separasi, vol. 7, no. 2, hal. 436–442, 2021.

N. C. Rafidanta dan C. E. Lusiani, “Penentuan Lokasi Pabrik menggunakan Metode Factor Rating pada Pra-Rancangan Pabrik Virgin Coconut Oil (Vco) dengan Kapasitas 50.000 Ton/Tahun,” Distilat J. Teknol. Separasi, vol. 7, no. 2, hal. 1–10, 2021.

S. Wijana, “Perancangan Pabrik: Penentuan Lokasi Pabrik,” J. Teknol. Ind. Pertan. Univ. Brawijaya, hal. 1–9, 2012.

S. D. Ardiansyah dan A. S. Suryandari, “Seleksi Proses dan Penentuan Kapasitas Produksi Industri Sabun Mandi Cair Berbahan Baku Virgin Coconut Oil (Vco),” Distilat J. Teknol. Separasi, vol. 8, no. 4, hal. 139–146, 2022.

R. D. Arifin dan J. Jamaaluddin, “Pemilihan Lokasi Usaha Fotocopy yang Baik dengan menggunakan Metode Factor Rating,” Fak. Saind dan Teknol. Univ. Muhammadiyah Sidoarjo, hal. 1–4, 2020.

R. Mostafalu, A. Heydari, A. Banaei, dan F. Ghorbani, “The Use of Palladium Nanoparticles Supported on Active Carbon for Synthesis of Disproportionate Rosin (DPR),” J. Nanostructure Chem., vol. 7, no. 1, hal. 61–66, 2017.

M. Rusdi, “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, hal. 83–88, 2019.

D. L. H. Ponorogo, “Data Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Ponorogo,” 2021.

P. K. Bandung, “Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Bandung,” 2007.

D. K. dan L. H. K. Jember, “Status Lingungan Hidup Daerah Kabupaten Jember,” 2007.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Budiana, N. E. N. I., Dewajani, H., Chumaidi, A., Salsabila, A. R., Alfajri, A. R. J., & Sandifa, M. N. (2024). SELEKSI PROSES DAN PENENTUAN LOKASI PRODUKSI PADA PRARANCANGAN PABRIK DISPROPORTIONATED ROSIN DARI GONDORUKEM GRADE WG DENGAN KAPASITAS 3000 TON/TAHUN. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 10(1), 81–90. https://doi.org/10.33795/distilat.v10i1.4949

Issue

Section

Articles