PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA MALANG

Main Article Content

Fikna Nahera
Tri Yulistyawati Evelina

Abstract

Shopee sebagai marketplace dengan jumlah kunjungan web terbanyak di Indonesia tentu memiliki keunggulan yang menjadi daya tarik. Online consumer review dan price discount memiliki peran dalam proses pembuatan keputusan pembelian produk oleh konsumen. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu untuk menguji dan menganalisis pengaruhnya online consumer review dan price discount terhadap keputusan pembelian konsumen marketplace Shopee di Kota Malang. Metode analisis kuantitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online kepada 90 orang responden menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil analisa data yang dilakukan, melalui pengujian hipotesis menunjukkan bahwasanya online consumer review dan price discount berdampak terhadap keputusan pembelian sebesar 79,3 persen dan sisanya sebesar 20,7 persen dipengaruhi oleh aspek lain di luar riset yang dilakukan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pembelian maka Shopee diharapkan dapat memaksimalkan fitur online review dan price discount.

Article Details

How to Cite
Nahera, F., & Evelina, T. Y. . (2023). PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 14–19. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.543
Section
Articles