ANALISIS LEVEL PENERAPAN STANDAR PROFESIONAL MARKETING (KOMPETENSI TEKNIS) PADA PRATIK IT APPLICATION MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN MARKETING

Authors

  • Joni Dwi Pribadi Politeknik Negeri Malang
  • Abdul Waris Politeknik Negeri Malang
  • Becik Gati Anjari Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jabh.v8i1.1401

Keywords:

professional, marketing, standard, IT application

Abstract

Level Kompetensi marketing dinilai dari dua variabel yaitu tingkat wawasan dan keterampilan praktik berdasarkan professional marketing standard. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada tingkat wawasan terdapat 2 indikator yang memiliki nilai sangat baik yaitu brand sebesar (84%) dan integrated marketing communication sebesar (82%) sedangkan variabel yang ter rendah yaitu sebesar (66%). Untuk variabel keterampilan praktik indikator yang bernilai sangat baik adalah brand (86%), partnership dan digital integration (82%) sedangkan nilai paling rendah yaitu product management sebesar (62%). Jadi dapat disimpulkan level kompetensi teknis mahasiswa D4 manajemen pemasaran pada matakuliah IT application berdasarkan dari keseluruhan indikator wawasan ilmu marketing berada pada level mastery sedangkan keterampilan dalam penerapan ilmu marketing mahasiswa berada pada level regular. Namun masih dibutuhkan perbaikan kurikulum yang runtut dan konsisten sehingga mahasiswa mampu memetakan runtutan ilmu yang dibutuhkan untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

[1]
J. . Dwi Pribadi, A. . Waris, and B. . Gati Anjari, “ANALISIS LEVEL PENERAPAN STANDAR PROFESIONAL MARKETING (KOMPETENSI TEKNIS) PADA PRATIK IT APPLICATION MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN MARKETING”, jabh, vol. 8, no. 1, pp. 14–21, Jan. 2021.