DEVELOPING A SPEAKING SIMULATION WEBSITE FOR BUSINESS ENGLISH STUDENTS: AN ATTEMPT TO ENHANCE STUDENTS’ SPEAKING SKILLS AND PROMOTE AUTONOMOUS LEARNING

Authors

  • Kun Mustain Politeknik Negeri Malang
  • Af’idatul Husniyah Politeknik Negeri Malang
  • Zubaidi Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jabh.v8i1.1402

Keywords:

Business English, speaking skill, website development, autonomous learning

Abstract

Tuntutan dari tempat kerja masa depan telah mengubah cara guru mengelola kelas, dari lebih fokus pada penyampaian materi pembelajaran, menjadi beroperasi pada berbagai sumber daya untuk mengeluarkan ide-ide baru dan memecahkan masalah kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi e-book dan website yang dibuat untuk mengatasi kekurangan mahasiswa dalam mengakses materi belajar mandiri untuk kemampuan berbahasa Inggris Bisnis yang sesuai dengan kurikulum mereka dan sesuai dengan tingkat kemahiran bahasa Inggris mereka. Penelitian ini menggunakan Model ADDIE untuk mengembangkan dan mengevaluasi materi digital bagi mahasiswa Bahasa Inggris Bisnis dengan empat tahapan utama yaitu; Menganalisis, Mendesain, Mengembangkan, Menerapkan, dan Mengevaluasi. E-book terdiri dari sepuluh topik yang dipilih berdasarkan analisis kebutuhan dan tinjauan pustaka. Evaluasi dilakukan oleh satu guru Bahasa Inggris dan 13 siswa Bahasa Inggris Bisnis sebagai pengguna, masing-masing mengisi survei untuk mengevaluasi website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa situs Business English Speaking menyediakan berbagai sumber dan tugas yang bervariasi bagi mereka untuk belajar dan mempraktikkan keterampilan berbicara mereka secara mandiri, sehingga mereka lebih mandiri dalam proses belajar, meskipun beberapa fiturnya perlu lebih ditingkatkan. Para siswa juga melaporkan bahwa situs web dan e-book telah dirancang dengan baik dengan berbagai tugas dan materi otentik yang dapat membantu mereka meningkatkan keterampilan berbicara karena mereka memiliki lebih banyak materi dan eksposur ke kosakata Bahasa Inggris Bisnis.

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

[1]
K. . Mustain, A. . Husniyah, and Zubaidi, “DEVELOPING A SPEAKING SIMULATION WEBSITE FOR BUSINESS ENGLISH STUDENTS: AN ATTEMPT TO ENHANCE STUDENTS’ SPEAKING SKILLS AND PROMOTE AUTONOMOUS LEARNING”, jabh, vol. 8, no. 1, pp. 22–29, Jan. 2021.