PENGARUH ORIENTASI BELANJA DAN PERBEDAAN GENDER TERHADAP PENCARIAN INFORMASI ONLINE DAN BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MALANG

Authors

  • Dwi Sudjanarti Politeknik Negeri Malang
  • Tri Istining Wardani Politeknik Negeri Malang
  • Umi Khabibah Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jabh.v7i2.410

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi belanja terhadap pencarian informasionlinedan belanjaonline, serta perbedaan laki-laki dan perempuan dalam orientasi belanja.Jenis penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif kausal. Populasi penelitian adalah mahasiswaJurusan Administrasi Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2017/2018 yang pernah melakukan pembelianonline.Pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada 94 responden menggunakan teknikpurposive random sampling.Analisisdata menggunakan regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh orientasi belanja terhadap pencarian informasionlinedanbelanjaonline, kemudian dilanjutkan dengan ujiindependent sample T testuntuk melihat perbedaan laki-laki dan perempuandalamorientasi belanja.Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi belanja tidak berpengaruh terhadap pencarianinformasionlinedengan t hitung 0,547 < t tabel 1,66159. Orientasi belanjaberpengaruh terhadap belanjaonlinedengan t hitung 2,609 > t tabel 1,66159. Persamaan regresi sederhana yang didapatkan yaitu Y1= 7,898 + 0,013 X dan Y2= 2,492 + 0,082 X.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan orientasi belanja atara laki-laki dan perempuan.

Downloads

Published

2021-07-10

How to Cite

[1]
D. . Sudjanarti, T. . Istining Wardani, and U. Khabibah, “PENGARUH ORIENTASI BELANJA DAN PERBEDAAN GENDER TERHADAP PENCARIAN INFORMASI ONLINE DAN BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MALANG ”, jabh, vol. 8, no. 2, pp. 52–58, Jul. 2021.