Analisis Value Chain Sebagai Alat Untuk Menciptakan Efisiensi Biaya Guna Menunjang Strategi Cost Leadership pada Mebel Karya
DOI:
https://doi.org/10.33795/jabh.v11i2.6524Keywords:
analisis rantai nilai, efisiensi, strategi kepemimpinan biayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai nilai dengan menggunakan strategi kepemimpinan biaya dalam konteks organisasi atau perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan data sekunder dari Mebel Karya. Data primer terkait aktivitas perusahaan diperoleh melalui observasi mengenai jalannya proses produksi, aktivitas selama perusahaan, dan biaya selama produksi serta wawancara dengan pemilik usaha Mebel Karya. Data sekunder terkait dengan data rinci tentang biaya masing-masing aktivitas baik aktivitas utama maupun aktivitas pendukung dan laporan laba rugi tahun 2021. Hasil penelitian ini membagi aktivitas perusahaan menjadi aktivitas primer dan aktivitas pendukung. Aktivitas primer meliputi Inbound Logistics, Operations, Outbound Logistics, Marketing and Sales, dan Service. Sedangkan aktivitas sekunder meliputi Procurement, Technology Development, Human Resources, dan Firm Infrastructure. Pada masing-masing aktivitas terdapat empat aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah, meliputi penyiapan bahan baku, penyiapan pengiriman, survei bahan baku ke supplier, dan pelatihan skill karyawan. Keempat aktivitas tersebut termasuk dalam aktivitas inbound logistics, outbound logistics, pengadaan, dan HRM. Sehingga Mebel Karya dapat menghilangkan aktivitas tersebut dan dapat menghemat biaya sebesar Rp. 4.750.764. Data tersebut dapat menjadi acuan bagi Mebel Karya untuk meningkatkan efektivitas aktivitas serta meminimalisir waktu dan biaya.