PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI INFORMASI DAN NAVIGASI DI UNIVERSITAS PGRI KANJURUHAN MALANG BERBASIS ANDROID

Authors

  • Heni Dwi Nurazizah
  • Danang Aditya Nugraha
  • Alexius Endy Budiant

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v9i2.1135

Keywords:

Augmented Reality, Research and Development, R&D, Blackbox Testing, System Usability Scale, SUS

Abstract

Penelitian ini membahas hasil penelitian Perancangan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Informasi Dan Navigasi di Universitas PGRI Kanjuruhan Berbasis Android. Banyak yang belum mengetahui dimana persis letak Ruangan dan Gedung di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dan tujuan dari peneliti membuat Aplikasi Android Sebagai Informasi Dan Navigasi di Universitas PGRI Kanjuruhan menggunakan teknologi Augmented Reality, hasil pengujian blackbox dan hasil penilaian System Usabillity Scale (SUS) pada aplikasi. Pada model penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau dapat disebut dengan Research and Development atau R&D. Metode yang digunakan pada  penelitian ini ialah Research and Development atau R&D. Produk diciptakan oleh peneliti dari penelitian pengembangan ini merupakan produk yang berupa Aplikasi Augmented Reality Sebagai Informasi Dan Navigasi di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Berbasis Android. Hasil pengujian menggunakan Blackbox Testing mampu bekerja dengan baik. Hasil penilaian System Usability Scale (SUS) membuktikan bahwa 81.27% dari 51 responden termasuk dalam kategori Acceptable dan mendapatkan grade A atau excellent.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Heni Dwi Nurazizah, Danang Aditya Nugraha, & Alexius Endy Budiant. (2023). PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI INFORMASI DAN NAVIGASI DI UNIVERSITAS PGRI KANJURUHAN MALANG BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika Polinema, 9(2), 133–142. https://doi.org/10.33795/jip.v9i2.1135