SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TEMPAT PEMBELIAN ALBUM KPOP MENGGUNAKAN MOORA
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v9i2.1157Keywords:
K-pop, album, moora, sistem pendukung keputusanAbstract
Indonesia menjadi negara yang memiliki penggemar K-pop terbanyak ke-5 menurut Google Trends, menjadi bukti bahwa banyak masyarakat Indonesia menyukai musik K-pop. Namun masih banyak penggemar K-pop Indonesia mengalami penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Penggemar K-pop juga masih banyak yang membeli album di beberapa platform tidak resmi sehingga tidak terjamin kualitas, keaslian dan kelengkapannya. Hal tersebut membuat penggemar K-pop kesulitan untuk menemukan platform tempat pembelian album K-pop yang terpercaya. Berdasarkan dari permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu menentukan platform resmi untuk membeli Album bagi penggemar K-pop. Metode yang digunakan yakni metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA) dikarenakan kriteria yang dibutuhkan terdapat beberapa kriteria yang bertentangan. Hasil yang didapatkan dengan menggunakan metode ini yakni seluruh sistem berjalan dengan fungsinya dan proses perhitungan menggunakan metode mendapat hasil yang sesuai. Hasil Pengujian dengan membandingkan perhitungan secara manual dengan sistem menggunakan Confusion Matrix mendapatkan hasil akurasi sebesar 100%, kemudian pengujian kepada responden mendapat hasil akhir rata rata kepuasan sebesar 90.09%, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat memenuhi kebutuhan dan dapat membantu oleh penggemar K-pop dalam memilih tempat pembelian album.