Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Pengenalan Objek Wisata Di Kota Ambon

Authors

  • Irene Samar

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v9i2.1224

Keywords:

Augmented Reality

Abstract

Kota Ambon yang dikenal dengan sebutan “Ambon Manise” merupakan salah satu pulau di indonesia yang juga memliki wisata alam yang tidak kalah menarik. Dengan keindahan alam yang ada seharusnya menjadi potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Hingga saat ini informasi wisata kota Ambon hanya terdapat pada website ataupun blog. Dibutuhkan inovasi dalam mengenalkan objek wisata yang membantu meningkatkan kunjungan wisatawan dan mampu untuk mengenalkan tempat wisata kota Ambon di setiap kalangan. Hal ini membutuhkan teknologi Augmented Reality yang menggabungkan objek virtual 2D dan/atau 3D dengan lingkungan nyata dan dapat digunakan pada perangkat seluler berbasis android. Aplikasi yang penulis buat berisikan informasi wisata yang mencakup objek, video, lokasi dan puzzle wisata. Objek wisata dikemas dalam bentuk multimedia dengan teknik Augmented Reality metode markerless sehingga terlihat lebih interaktif dan dapat digunakan sebagai sarana pengenalan objek wisata di kota Ambon pada masyarakat. Hasil dari aplikasi ini adalah aplikasi Augmented Reality menggunakan metode markerless yang mampu menampilkan objek wisata 3D tanpa menggunakan marker khusus pada perangkat android. Metode markerless ini dapat mendeteksi objek dengan rentang jarak minimal 10 cm dan jarak maksimal 100 cm dan berdasarkan pengujian menggunakan kuesioner, dari 22 responden sebanyak 89,77% menyatakan aplikasi berdampak besar dalam mengenalkan wisata Ambon.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Irene Samar. (2023). Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Pengenalan Objek Wisata Di Kota Ambon . Jurnal Informatika Polinema, 9(2), 183–192. https://doi.org/10.33795/jip.v9i2.1224